ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Jaga Kondisi Tubuh

Arung jeram butuh banyak tenaga, lho. Olahraga ini juga perlu konsentrasi untuk mengikuti instruksi dari pemandu. Arahan ini penting, apalagi ketika kondisi critical terjadi. Jika kamu sedang dalam kondisi tidak fit, batalkan dulu rencanamu, ya.

 

2. Cek Deras Air & Cuaca

Olahraga yang satu ini punya beragam tingkat kesulitan. Aliran air yang deras atau jeram punya tingkatan atau biasa disebut grade. Jadi, sesuaikan lagi dengan kesiapanmu! Pastikan juga sungai tidak pernah mengalami banjir bandang, ya!

 

3. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Saat berolahraga, gunakanlah pakaian berbahan katun dan celana berbahan ringan.

Dibandingkan sepatu, kamu bisa memakai sandal gunung saja. Hindari untuk memakai sandal jepit, ya, agar kamu tidak mudah tergelincir.

 

4. Selalu Gunakan Perlengkapan Pengaman

Sebelum memulai petualanganmu, pastikan untuk memakai rompi pelampung hingga helm, ya! Perlengkapan ini bisa melindungi kamu dari risiko kecelakaan, seperti tenggelam atau benturan.

 

5. Hati-Hati saat Foto

Boleh, kok, berfoto atau merekam aksimu saat berolahraga. Namun, tetap ikuti instruksi pemandu, ya. Hindari berfoto saat di jeram agar kamu tidak terlempar.

 

6. Sarapan Dulu

Di luar perjalanan pulang pergi dari basecamp, rafting bisa memakan waktu sekitar 2,5–3 jam! Jadi, jangan lupa sarapan dulu, ya.

 

7. Pemanasan

Olahraga yang satu ini akan sangat menguras energi. Nah, agar terhindar dari cedera atau kram, lakukan pemanasan dulu, ya. Jika memungkinkan, lakukan workout ringan 1–2 hari sebelum arung jeram, agar ototmu tidak kaget.

 

8. Tetap Tenang

Jika jatuh ke sungai, jangan panik! Tetap tenang dan coba untuk berenang. Berbeda dengan di kolam renang, saat di sungai, kamu perlu hadapkan tubuh ke atas seperti sedang berbaring di atas air.

Arahkan tubuh agar tidak membelakangi arus. Angkat kaki yang tinggi sehingga jika ada batu, kamu pun bisa menahannya.

 

Jadi, Sudah Siap Main Arung Jeram?

Untuk kamu yang tertarik coba arung jeram, kamu pastinya tak perlu was-was dengan risiko cedera atau kecelakaan jika memiliki asuransi kecelakaan Bebas Aksi yang berlaku di seluruh dunia.

 

Asuransi dengan manfaat hingga Rp1 miliar ini memiliki premi yang terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online di sini!