ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Berjalan

Simpel dan cocok untuk pemula, olahraga yang satu ini tidak membutuhkan peralatan. Untuk memulai, kamu bisa berjalan selama 30 menit sebanyak 3-4 kali satu minggu.

Menurut Harvard Health, seseorang dengan berat 70 kg bisa membakar sekitar 167 kalori per 30 menit.

Latihan ini bisa menjadi bagian dari rutinitas kamu loh. Misalkan, cobalah berjalan saat istirahat makan siang, menggunakan tangga, atau keliling kompleks.

 

2. Jogging atau berlari

Apa bedanya sama berjalan? Kalau jogging, kecepatanmu berada di sekitar 6,4-9,7 km/jam, sedangkan kalau berlari lebih dari 9,7 km/jam.

Harvard Health memperkirakan, seseorang dengan berat 70 kg dapat membakar 298 kalori per 30 menit dengan jogging, atau 372 kalori per 30 menit dengan berlari.

Studi menemukan, jogging atau berlari dapat membakar lemak perut, yang berhubungan dengan risiko penyakit kritis, seperti jantung dan diabetes. 

 

3. Bersepeda

Olahraga yang populer saat pandemi ini termasuk latihan aerobik yang efektif! Ketika kita bersepeda, jantung, pembuluh darah, dan paru-paru pun ikut terlatih.

Tak hanya itu saja, bersepeda juga bisa meningkatkan mobilitas, fleksibilitas, dan memperkuat tulang, dan memperbaiki mood kamu.

Seseorang dengan berat 70 kg bisa membakar sebanyak 372 kalori dalam 30 menit, jika mengendarai sepeda dengan kecepatan 22 km/jam.

 

4. Tenis

Bermain tenis bisa memperbaiki metabolisme, meningkatkan kapasitas paru-paru dan kepadatan tulang, serta menurunkan tekanan darah dan persentase lemak tubuh.

Selain itu, kamu juga dapat meningkatkan ketangkasan dan koordinasi mata dan tangan.

Seseorang dengan berat 60 kg dapat membakar 372 kalori loh dalam satu jam.

 

5. Interval training

Pernah dengar high-intensity interval training (HIIT)? Latihan ini merupakan serangkaian latihan intens yang diselingi dengan periode pemulihan.

HIIT biasanya berlangsung selama 10-30 menit. Studi membuktikan, HIIT membakar 25-30% lebih banyak kalori per menit dibandingkan olahraga lainnya, seperti bersepeda atau berlari.

Untuk kamu yang ingin mengecilkan lemak perut, beberapa penelitian menunjukkan, HIIT sebagai olahraga yang efektif.

 

Apa pun olahraga yang kamu pilih, pastikan kamu telah terlindungi dari risiko kecelakaan dengan asuransi kecelakaan Bebas Aksi yang berlaku di seluruh dunia dengan manfaat hingga Rp1 miliar!

 

Preminya terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online. Selengkapnya di https://www.ifwd.co.id/asuransi-kecelakaan-diri/bebas-aksi




Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/best-exercise-for-weight-loss

https://www.healthline.com/nutrition/best-exercise-for-weight-loss

https://www.healthline.com/nutrition/best-exercise-for-weight-loss#TOC_TITLE_HDR_3

https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/fitness/national-sports-day-6-top-sports-that-can-help-you-lose-weight/photostory/77806186.cms?picid=77806268

https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/fitness/5-ways-to-build-muscles-without-lifting-heavier-weights/photostory/77804795.cms

https://www.healthline.com/nutrition/best-exercise-for-weight-loss#TOC_TITLE_HDR_6