ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tanaman variegata

Tanaman variegata dengan daun beragam warna memang memesona. Variegata sendiri adalah bagian tanaman yang memiliki perbedaan warna dengan mayoritas warna aslinya, seperti motif bercak atau belang yang unik pada daun maupun batang tanaman. Jenis-jenis tanaman yang dapat membentuk variegata, termasuk tanaman Sansevieria, Philodendron, Bromelia, dan lain-lain. 

Variegata dapat terbentuk secara alami maupun buatan melalui proses pencangkokan atau stek. Warna-warna yang dihasilkan juga cukup beragam, mulai dari kuning, putih, hingga merah dan merah muda. Warnanya yang cerah membuat tanaman dengan variegata dapat menjadi centerpiece ruangan yang menyegarkan.

 

Tanaman sukulen

Sukulen adalah tanaman yang  mampu menyimpan cadangan air pada akarnya. Karena itu, sukulen dapat bertahan hidup di berbagai tempat, bahkan dengan iklim ekstrem dan pengairan yang minim. Perawatannya yang mudah serta bentuknya yang unik dan bervariasi membuat sukulen menjadi salah satu tanaman hias yang populer untuk menghias rumah. Berbagai jenis sukulen dapat diletakkan di pot-pot hias sebagai aksesori rak maupun meja sudut. Tidak hanya itu, sukulen juga dapat membersihkan udara dan menghilangkan racun.

 

Tanaman hidroponik

Meskipun seringkali digunakan untuk budidaya tanaman sayuran, metode tanam hidroponik juga dapat dimanfaatkan untuk tanaman hias dalam ruangan. Media tanam berupa air dapat ditonjolkan dengan penggunaan pot atau wadah kaca bening yang menambah kesan natural sekaligus modern.

Beberapa jenis tanaman yang dapat ditanam dengan metode hidroponik dalam ruangan adalah Philodendron, Devil’s Ivy, maupun Aglaonema. Selain itu, tanaman-tanaman rempah seperti basil, mint, hingga daun ketumbar juga dapat dijadikan pilihan yang cantik sekaligus bermanfaat sebagai bumbu dapur.

 

Merawat tanaman hias bisa menjadi hobi yang tidak hanya memperindah rumah, tetapi juga membantu kamu rileks selama di rumah aja.


Sumber:
[1]
https://8villages.com/full/petani/article/id/5ce215ff3a4bcb6c685c9522

[2] https://8villages.com/full/petani/article/id/5ce215ff3a4bcb6c685c9522

[3] https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200721154139-277-527212/jenis-jenis-tanaman-sukulen-indoor-yang-menarik

[4] https://gardengoodsdirect.com/blogs/news/trendiest-houseplants-for-2020-including-a-classic-comeback

[5] https://dengarden.com/gardening/indoor-hydroponic-garden