ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

5 Keuntungan Investasi Emas

1. Harganya Cenderung Naik

Jika diinvestasikan dalam jangka panjang, harga emas cenderung positif. Kenaikan harganya pun di atas rata-rata inflasi, sehingga nilai uang dalam bentuk emas tidak berkurang nilainya.

 

2. Tahan Resesi

Was-was dengan risiko resesi? Tenang, pada saat pandemi tahun 2020, ketika nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merosot hingga 26,43%, nilai emas di tahun yang sama cenderung naik!

 

3. Risiko Rendah

Di kala perang atau bahkan situasi ekonomi yang tak menentu, nilai emas cenderung tetap terjaga. Tak heran, jika investasi ini disebut safe haven oleh banyak investor.

 

4. Relatif Mudah Cair

Dibandingkan investasi properti yang cenderung lama masa penjualannya, emas dapat dikategorikan cukup liquid. Jika kamu butuh dana cepat, menjual aset emas bisa jadi opsi.

 

5. Modalnya kecil

Investasi emas tidak perlu modal awal yang besar. Untuk emas fisik, kamu bisa membeli mulai dari 0,5 gram atau sekitar Rp600.000. Kamu pun bisa membeli emas digital, mulai dari Rp50.000 saja!

 

3 Kekurangan Investasi Emas

1. Risiko Kehilangan

Jika kamu menginvestasikan emas dalam bentuk perhiasan yang dipakai sehari-hari, terdapat risiko pencurian atau perampokan.

Untuk opsi yang lebih aman, kamu bisa simpan aksesori emas atau emas batangan di safe deposit box, ya.

 

2. Sifatnya Jangka Panjang

Kalau kamu mau cuan cepat, emas tentunya bukan pilihan yang tepat. Harga emas itu fluktuatif sehingga tidak cocok menjadi investasi jangka pendek.

Untuk mendapatkan keuntungan, kamu harus menyimpan emas dalam jangka waktu yang panjang.

 

3. Tak Cocok Jadi Penghasilan Pasif

Deposito yang memberikan bunga atau saham yang membagikan dividen secara berkala dapat menjadi sumber penghasilan pasif.

Berbeda dengan investasi emas yang baru menguntungkan ketika terjadi kenaikan. Investasi ini membutuhkan waktu sehingga tidak cocok menjadi penghasilan pasif.

 

Tertarik untuk Investasi Emas?

Kalau kamu tertarik untuk investasi emas, ingat untuk tetap lakukan diversifikasi, ya, alias membagi uangmu ke berbagai instrumen investasi lain. Jika terjadi kerugian di salah satu investasi, masih ada investasi lainnya yang meng-cover.

 

Investasi emas bisa jadi salah satu caramu untuk mempersiapkan dana pensiun. Nah, untuk kamu yang sedang mempersiapkan hari tua, kamu bisa mempertimbangkan asuransi jiwa FWD Whole Life Protection.

 

Pada usia ke-75, kamu akan mendapatkan Manfaat Hidup sebesar 50% Uang Pertanggungan untuk wujudkan masa tua impian, yang sisanya akan diberikan jika terjadi risiko terminal illness atau meninggal dunia.   

 

Ada diskon premi hingga 25% untuk plan regular dan special rate untuk plan jumbo, khusus untuk kamu yang memilih Uang Pertanggungan yang lebih tinggi. Cek selengkapnya di sini!