ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1.Mitos: Semua jenis kanker dapat diobati dengan cara yang sama

Faktanya, ada lebih dari 100 jenis kanker yang dapat menyerang tubuh manusia. Masing-masing jenis kanker ini juga dapat menimbulkan reaksi yang berbeda di masing-masing orang. Karena itu, pengobatan kanker membutuhkan penanganan khusus yang terspesialisasi dan bisa jadi berbeda bagi setiap pasien.

 

2.Mitos: Radiasi komputer, ponsel, dan alat elektronik lain menyebabkan kanker

Faktanya, alat elektronik yang biasa kita pakai sehari-hari hanya menggunakan gelombang frekuensi radio dengan intensitas rendah yang tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kanker. Namun, kita tetap harus berhati-hati di area dengan radiasi tinggi, seperti ruangan x-ray dan situs proyek yang mengandung zat radioaktif.

 

3.Mitos: Kanker dapat menular

Faktanya, kanker bukanlah penyakit yang dapat menular. Satu-satunya keadaan yang typomemungkinkan penularan adalah transplantasi organ yang terinfeksi kanker pada orang lainsdapat[ meningkatkan risiko kanker bagi penerima organ tersebut. Namun, kasus ini juga sangat jarang terjadi dengan kemungkinan 0.02%.

 

4.Mitos: Obat herbal dapat menyembuhkan kanker

Meskipun beberapa studi telah menyarankan obat herbal sebagai alternatif untuk mengurangi sejumlah efek samping kanker, belum ada obat herbal yang terbukti efektif untuk mengobati kanker. Pasien kanker harus selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai pengobatan herbal atau alternatif apa pun.

 

5.Mitos: Kanker adalah penyakit keturunan

Faktanya, kanker disebabkan oleh perubahan atau mutasi pada gen. Hanya 5-10% dari seluruh jenis kanker disebabkan oleh mutasi yang diturunkan dari gen orang tua. Dalam keluarga yang memiliki mutasi gen penyebab kanker ini, beberapa anggotanya dapat berisiko mengalami jenis kanker yang sama.

 

 



Sumber: 

https://www.gleneagles.com.sg/facilities-services/centre-excellence/cancer-care/cancer-myths-facts

http://www.cancer.gov/about-cancer/causes-prevention/risk/myths

https://www.cancer.gov/about-cancer/causes-prevention/risk/infectious-agents

https://www.cancer.gov/about-cancer/treatment/cam

https://www.cancer.gov/about-cancer/causes-prevention/risk/myths