ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Mulai perlahan

Ketika belajar chord, kamu bisa mulai secara bertahap dan perlahan dengan fokus pada teknik. Saat sudah mulai terbiasa, cobalah untuk tingkatkan kecepatannya. Dengan cara ini, kamu bisa membangun kebiasaan bermain gitar yang baik.

 

2. Hindari kebiasaan melihat tangan

Saat memulai, tentunya kita selalu mengecek posisi tangan. Namun, upayakan untuk tidak terlalu sering melihat posisi jarimu, ya. Kamu bisa coba menutup mata atau mengalihkan pandangan sebagai cara melatih feeling bermain tanpa harus melihat! 

 

3. Mainkan chord variasi

Ketika kamu sudah lancar bermain chord dasar, coba deh mulai yang lebih menantang! Lagu-lagu hits dari the Beatles biasanya menggunakan chord variasi untuk mendapatkan suara yang khas. Tertarik untuk coba?

 

4. Gunakan metronom

Untuk melatih tempo, kamu bisa gunakan alat bernama metronom. Latihan ini penting, apalagi jika kamu mencoba untuk bermain musik dalam band.

 

5. Pakai tuner

Agar suara gitar tidak sumbang, atur senar hingga menghasilkan nada yang tepat dengan memakai tuner. Mudah, kok! Kamu cukup beli tuner elektronik atau download app-nya saja.

 

6. Latihan sambil berdiri

Terbiasa bermain sambil duduk? Yuk, cobain latihan dalam posisi berdiri. Skill ini penting, apalagi jika nantinya kamu berencana untuk show! Belilah strap gitar dan strap lock, dan mulai berlatih!

 

7. Rekam permainan

Ketika kamu bermain, akan terasa sulit untuk mengenali letak kesalahanmu. Coba deh untuk rekam dan evaluasi kembali hasil permainanmu!

 

8. Rajin latihan

Lebih baik latihan berdurasi pendek setiap hari, dibandingkan sesi panjang namun bolong-bolong! Kamu bisa coba beragam latihan, dari kecepatan, scales hingga lagu kesukaan. Seru, kan?

 

Jadi, sudah siap belajar gitar? Jika kamu merasa lebih efektif belajar offline, kamu bisa les di sekolah musik atau mencari guru privat. Nah, kalau ingin belajar sendiri, ada banyak tutorial di YouTube atau aplikasi musik untuk kamu berlatih!

 

Berkat kemajuan di era digital, selalu ada opsi online untuk apa pun, termasuk mendapatkan asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal.

 

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!