ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. BioGlitz

Karena mengandung plastik mikro, glitter ternyata juga bisa merusak lingkungan. Nah, BioGlitz hadir sebagai solusi glitter biodegradable pertama di dunia.

Terbuat dari ekstrak eucalyptus, materi ini bahkan bisa dibuat menjadi kompos dan aman untuk lingkungan.

 

2. Mycotech Lab

Produksi kulit hewan turut berkontribusi pada pemanasan global. Untungnya, perusahaan Indonesia, Mycotech Lab berhasil memproduksi kulit dari bahan jamur.

Bahan yang disebut MyleaÔ ini disebut tahan api, tahan air, dan fleksibel sehingga cocok untuk dijadikan berbagai kreasi fashion.

 

3. Lyocell

Pernah dengar merek Tencel? Bahan yang terkenal akan kehalusannya ini nyaman untuk kulit serta memiliki fleksibilitas yang tinggi.

Nah, materi Lyocell untuk brand Tencel ini merupakan solusi untuk mengatasi masalah limbah serat mikro yang membahayakan spesies lain.

Dalam pembuatannya, materi biodegradable ini juga tidak menggunakan bahan kimia yang beracun, sehingga memiliki jejak karbon yang rendah.

 

4. Linen

Bahan yang satu ini adem dipakai dan lebih cepat kering dibandingkan katun.

Terbuat dari serat tanaman flax, proses penanamannya sendiri tidak membutuhkan pestisida atau pupuk, dan baik untuk kesehatan tanah.

Ingin cari baju yang awet bertahun-tahun? Linen punya ketahanan yang tinggi loh, sehingga kamu bisa memakainya untuk waktu yang lama. 

 

5. Virtual fashion

Banyak pakaian nganggur di lemari? Nah, digital fashion dapat menjadi solusi dari konsumsi pakaian yang berlebihan.

Memakai outfit secara digital memiliki jejak karbon yang lebih rendah dibandingkan baju fisik. Dengan teknologi ini, kamu bisa selalu tampil dengan pakaian baru di media sosial.

Mau tampil fashionable tanpa merusak lingkungan? Bisa banget! Salah satunya dengan menggunakan produk-produk yang eco-friendly.

 

Selain menjaga masa depan bumi, kamu juga bisa menjaga dirimu dari risiko kesehatan di masa depan dengan Asuransi Bebas Handal, asuransi kesehatan berbasis syariah yang lengkap dengan nilai manfaat hingga Rp100 juta/tahun.

 

Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online. Selengkapnya di: https://www.fwd.co.id/products/health/bebas-handal/.



Sumber :

https://calpirg.org/blogs/blog/cap/fashion-industry-waste-drastically-contributing-climate-change

https://luxiders.com/innovations-changing-fashion/

https://www.kompas.com/parapuan/read/532829964/lebih-ramah-lingkungan-brand-jepang-ini-ganti-kulit-sintetis-dengan-jamur-dari-indonesia

https://www.bbcearth.com/news/six-fashion-materials-that-could-help-save-the-planet

https://www.bbcearth.com/news/six-fashion-materials-that-could-help-save-the-planet

https://therecursive.com/is-virtual-fashion-more-eco-friendly-trends-and-insights-from-see-founders/