ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Tidak baca resep sampai selesai

Jangan berhenti membaca resep sampai bahan-bahannya saja ya. Pelajari dulu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat suatu masakan, misalkan jika daging harus di-marinate semalaman, kamu bisa siapkan dulu di hari sebelumnya.


Agar proses memasak lebih lancar, kamu bisa kumpulkan, potong, dan olah seluruh bahan sebelum menyalakan kompor.

 

2. Overheating

Kalau kamu ingin melelehkan cokelat, lakukan secara perlahan, dan hentikan prosesnya sebelum cokelat meleleh sepenuhnya. Lalu, kamu bisa aduk hingga lembut.


Jika memakai microwave, kamu dianjurkan untuk mengecek dan mengaduknya setiap 20-30 detik. Cokelat yang terlalu panas tidak bisa lagi digunakan dan harus dibuang.

 

3. Tidak memanaskan pan

Memasukkan minyak dan bahan makanan ke pan yang baru menyala dapat berakibat makanan menempel pada pan dan menyerap banyak minyak.


Pastikan pan dan minyak panas terlebih dulu sebelum kamu memasak ya.

 

4. Memasak daging langsung dari kulkas

Hindari untuk langsung memasak sapi, ayam, ikan, atau babi langsung dari kulkas ke grill atau oven! Cara ini dapat mengakibatkan daging kamu terlalu matang di luar, dan belum matang atau mentah di dalam.


Sebelum memasak, keluarkan daging dari kulkas dan diamkan dulu di suhu ruangan selama 15-20 menit. Dalam suhu ini, daging bisa dimasak hingga matang secara merata.

 

5. Tidak mencoba masakan

Jangan ambil risiko makanan terasa hambar atau terlalu strong saat sudah kamu sajikan! Selama proses memasak, cicipi makananmu dan tambahkan bumbu dan rempah, jika diperlukan. Ulangi terus hingga kamu dapatkan rasa yang sesuai.

 

6. Overcooking

Nah, kalau sering nonton acara masak pasti sudah familier dengan istilah ini! Daging yang terlalu lama dimasak akan terasa kering dan keras.


Penyebabnya adalah daging ataupun sayur rebus masih mengalami proses pemanasan, bahkan setelah diangkat dari pan, oven, atau grill.


Tipnya adalah angkat daging dan sayur beberapa menit sebelum kematangan yang diinginkan. Saat sudah disajikan nanti, makanan pun akan terasa juicy, lembut, dan nikmat.

 

Jadi, sudah siap cobain resep-resep baru dengan tip ini? Nah, untuk kamu yang ingin memasak dan berbelanja bahan makanan secara online, Sayurbox punya eVoucher senilai Rp25.000 untuk member aplikasi FWD MAX hingga 31 Desember 2022.

 

Klaim eVoucher-mu sekarang dengan download aplikasi FWD MAX di sini!