ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Pacu jalur

Di Kuantan Singingi, Riau, terdapat perlombaan dayung yang dinanti-nantikan oleh seluruh warga! Olahraga yang satu ini menggunakan perahu yang terbuat dari kayu gelondongan yang disebut sebagai jalur.

Tak hanya adu kecepatan, masyarakat juga percaya, kemenangan ditentukan dari adu batin pawang perahu. Dari proses pemilihan kayu, pembuatan perahu hingga perlombaan diiringi oleh ritual.

 

2. Jemparingan

Seni panahan asli Yogyakarta ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram. Bedanya dengan panahan biasa, olahraga yang satu ini dilakukan dalam posisi duduk bersila.

Secara tradisional, busur diposisikan di depan perut, sehingga setiap bidikan berdasarkan perasaan pemanah. Gaya memanah ini berlandaskan filosofi bahwa manusia harus berkonsentrasi penuh untuk mencapai cita-citanya.

 

3. Egrang

Dengan dua tongkat bambu panjang dan pijakan kaki, pemain harus menaiki tongkat dan berjalan. Walau kelihatan mudah, olahraga ini butuh keseimbangan yang baik loh!

Nah, permainan ini memiliki nama yang berbeda di setiap daerah, seperti terompah pancung di Lampung, tengkak di Sumatra Barat, ingkau di Bengkulu, jangkungan di Jawa, dan batungkau di Kalimantan Barat.

 

4. Bedil jepret

Olahraga menembak khas Sunda ini bisa dilakukan beregu ataupun individu. Jika dimainkan berkelompok, peserta menjadikan lawan sebagai target. Jika dimainkan sendiri, kamu bisa langsung tembakkan ke arah sasaran.

Umumnya, bedil jepret terbuat dari bambu kuning yang sudah tua, dengan peluru yang terbuat dari lenca, sejenis sayuran untuk lalapan. Olahraga ini cocok untuk melatih ketangkasan kamu.

 

5. Bakiak

Bakiak merupakan kayu panjang dengan tali karet. Olahraga asal Sumatra Barat ini membutuhkan sepasang bakiak yang memiliki minimal tiga pasang sandal untuk dimainkan tiga orang. 

Setiap regu menggunakan sepasang bakiak dan berjalan seirama hingga garis akhir. Kelompok yang tercepat adalah pemenangnya. Tak hanya dimainkan saat 17 Agustus, olahraga ini juga cocok jadi aktivitas seru bersama keluarga.

 

Menyambut Hari Olahraga Nasional, 9 September ini, olahraga asli Indonesia mana nih yang mau kamu coba? Apa pun pilihanmu, kamu bisa bebas lakukan olahraga tanpa was-was risiko cedera dengan asuransi kecelakaan Bebas Aksi.

 

Asuransi yang berlaku di seluruh dunia ini meng-cover manfaat kecelakaan hingga Rp1 miliar. Preminya pun terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online di sini!



Sumber :

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditwdb/pacu-jalur/

https://indonesia.go.id/kategori/keanekaragaman-hayati/931/jemparingan-seni-panahan-asli-yogyakarta-yang-sarat-arti

https://kumparan.com/berita-update/mengenal-permainan-egrang-olahraga-tradisional-indonesia-1wPHLfFhRE2/full

https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/bedil-jepret-senapan-berpeluru-lenca-yang-makin-tersingkirkan/

https://travel.kompas.com/read/2021/09/09/163200527/balap-bakiak-olahraga-tradisional-pengasah-kerja-sama-tim-dan-ketangkasan?page=all