ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel
1. Tidak Pemanasan & Pendinginan 
Mau olahraga, tapi mager pemanasan? Nah, kamu berisiko mengalami cedera, lho. Pemanasan sendiri berfungsi untuk mempersiapkan otot dan sendimu. 

Di akhir sesi olahraga, lakukan juga pendinginan agar tubuhmu bisa kembali rileks setelah exercise! 

2. Mengabaikan Rasa Sakit 
Lelah saat berolahraga itu wajar. Namun, jangan abaikan rasa sakit, ya! Sebagai contoh, jika kamu terkilir dan tetap bermain, kamu berisiko merusak otot dan tulangmu. Dalam situasi terburuk, kondisimu bisa lebih parah 10x lipat. 

3. Merokok 
Aktif berolahraga dan merokok adalah kombinasi yang harus dihindari! Merokok bisa bikin kamu cepat kehabisan napas, bahkan dalam durasi pendek sekalipun. 

4. Minum Alkohol 
Ternyata, mengonsumsi alkohol memengaruhi performa olahragamu, lho! Minuman ini bisa membuat tubuh dehidrasi dan memperlambat koordinasi. Saat berolahraga, pastikan untuk tetap minum air putih dan minuman kaya elektrolit, ya. 

5. Kurang Istirahat 
Terlalu semangat latihan hingga mengabaikan tidur bisa berbahaya lho, apalagi jika kamu harus berlatih mulai dari pagi hari. Pastikan untuk tetap beristirahat selama minimal tujuh jam, ya. 

Kamu tak perlu memaksakan diri untuk berolahraga setiap hari. Tubuh pun butuh waktu untuk pulih dan siap berolahraga kembali. Oleh karena itu, sisakan dua hari dalam satu minggu untuk beristirahat, ya! 

6. Tidak Menggunakan Perlengkapan yang Tepat 
Jangan abaikan keamanan saat berolahraga. Gunakanlah sepatu yang cocok agar kamu tidak terpeleset. Untuk pesepeda, pastikan juga untuk memakai helm agar terhindar dari cedera kepala. 

7. Tidak Makan dengan Baik 
Kurang nutrisi juga memengaruhi hasil olahraga, lho! Yuk, penuhi kebutuhan energi dengan konsumsi buah-buahan, sayur, dan daging yang kaya protein!
 
8. Tidak Mencoba Variasi Workout 
Suka dengan olahraga atau workout tertentu, dan punya rutinitas yang sama? Cobain deh untuk variasikan durasi dan intensitas latihan kamu! Misalkan, kamu bisa pilih rute lain yang lebih menantang saat bersepeda, atau berlari lebih jauh. 

Alternatifnya, kamu bisa selingi dengan olahraga lain. Dengan cara ini, otot tubuh bisa lebih seimbang dan pikiran pun lebih segar.


Yuk, Hindari Cedera saat Berolahraga!

Selain dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk tadi, kamu pun bisa mengurangi risiko cedera saat berolahraga dengan memiliki asuransi kecelakaan Bebas Aksi.

Asuransi yang berlaku di seluruh dunia ini menawarkan manfaat hingga Rp1 miliar. Preminya pun terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Beli dan klaim bisa dilakukan secara online. Selengkapnya di sini! 

Sumber: