ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1.      Tentukan Gol Finansial

Jika kamu tak punya perencanaan finansial, uangmu akan dengan mudah terhambur begitu saja.

Coba deh buat gol finansial jangka panjang, misalkan dana liburan, tabungan pensiun, atau uang DP rumah. Lalu, tentukan kapan target harus tercapai dan berapa yang perlu kamu sisihkan setiap bulannya.

 

2.      Tahu Batasan

Keluarga atau teman mungkin mengajak kamu untuk mengeluarkan uang yang melebihi budget-mu. Nah, kamu tak wajib ikutan, kok. Jelaskan pada mereka bahwa kamu perlu menabung demi gol jangka panjangmu.

 

3.      Renungkan sebelum Membeli

Jangan buru-buru checkout belanjaan, ya! Pikirkan dulu selama 1–2 hari. Jika ternyata tidak terlalu penting, kamu bisa skip pembelian.

 

4.      Selektif dengan Media Sosial

Suka mengisi waktu luang dengan cek media sosial? Hati-hati, studi membuktikan, media sosial punya efek negatif bagi keuangan para milenial.

Penelitian ini menunjukkan, hampir setengah milenial mengeluarkan uang berdasarkan apa yang mereka lihat di media sosial.

 

5.      Stop Membandingkan Diri

Terkadang, membandingkan diri dengan orang lain membuat kita merasa kurang.  Untuk melawan perasaan itu, tetaplah fokus pada golmu, hidupmu, dan pencapaianmu sendiri.

 

6.      Bijak dengan Kartu Kredit

Bayarlah seluruh tagihan kartu kredit setiap bulannya. Hindari membayar minimum, karena ada bunga yang bisa membuat biayamu semakin meningkat.

 

7.      Lakukan Riset

Ketika terjun di dunia investasi, kita tak bisa hanya mengandalkan kata teman atau keluarga. Cari tahu dulu mekanismenya, dan pastikan kamu siap dengan risikonya. High risk, high return!

 

8.      Fokus pada Masa Depan

Teman atau keluarga punya mobil atau tas baru. Apa perlu kita ikutan? Nah, coba deh bayangkan jika uang tersebut kamu investasikan untuk mencapai financial freedom lebih cepat.

Kamu tak harus punya semuanya hari ini, kok. Kemampuanmu untuk menahan diri sekarang akan berbuah manis di masa depan.


Yuk, Jaga Kestabilan Finansialmu!

Dengan belajar mengatakan “tidak”, kamu bisa menabung lebih banyak lagi! Nah, agar uang yang telah kamu simpan tidak terkuras karena risiko sakit, milikilah asuransi kesehatan FWD Hospital Care Protection yang berlaku di seluruh dunia.

Asuransi ini bisa kamu klaim secara cashless untuk manfaat rawat inap dan rawat jalan, termasuk malaria, DBD, dan tifoid. Jangan takut dengan biaya rumah sakit yang mahal, karena ada Limit Booster hingga Rp75 miliar. Selengkapnya di sini!