ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Do’s ketika membeli sepatu olahraga

1. Pastikan ukurannya tepat

Jika kamu membeli sepatu lari, cobalah untuk naikkan ukurannya 1–1,5 dari ukuran sepatu sehari-harimu. Upayakan masih ada jeda sekitar 1 cm atau selebar ibu jari agar kakimu memiliki ruang gerak.

 

2. Cek bantalannya

Bagian bantalan insole sangat berpengaruh, lho! Jika tidak tepat, hal ini dapat menyebabkan masalah pada punggung bagian bawah dan persendian. 

 

3. Cek berat sepatu

Jika kamu suka berlari dengan cepat, carilah sepatu dengan bobot yang ringan. Sepatu yang ringan akan lebih baik karena dapat membantu kamu melangkah lebih mudah.

 

4. Coba sepatu

Kenyamanan juga bisa diuji dengan mencobanya secara langsung. Jangan ragu untuk tes berjalan atau lari-lari kecil di toko, ya!

 

 

Don’ts ketika membeli sepatu olahraga

1. Tidak mengukur kaki

Coba deh cari tahu soal ukuran kakimu, seperti panjang dan lebar kaki, serta lengkungannya. Toko sepatu biasanya menggunakan alat Brannock untuk mendapatkan ukuran ini!

Upayakan untuk mengukur kakimu di sore atau malam hari, karena pada saat itu, kaki akan berukuran lebih besar.

 

2. Mudah terpengaruh orang lain

Ketika membeli sepatu bersama teman atau keluarga, opini mereka bisa memengaruhi keputusanmu. Perlu diingat, yang terpenting adalah kenyamananmu saat memakainya.

Hal ini juga berlaku dengan pendapat influencer. Sepatu yang tepat untuk mereka belum tentu pas untukmu. Apalagi ada kemungkinan, review yang diberikan merupakan pesan sponsor. Saat memilih, pastikan kamu benar-benar merasa nyaman, ya!

 

3. Asal beli sepatu

Ingat, setiap olahraga punya sepatunya masing-masing! Walau harganya bisa lebih mahal, anggaplah sebagai investasi untuk menjaga kamu dari risiko cedera!

 

4. Memprioritaskan model di atas kenyamanan

Sepatu tentunya bisa melengkapi penampilanmu! Namun, saat memilih sepatu, jangan sampai kamu mengorbankan kenyamanan, karena suka dengan modelnya. Gak mau kan kalau kaki malah sakit dan cedera?

 

Nah, sepatu sendiri memiliki masa pakai. Jika sudah digunakan sekitar dua tahun, bantalan dan bentuknya pun mulai berubah dan rusak. Jadi, jangan ragu untuk membeli yang baru, agar kamu terhindar dari cedera, ya.

 

Saat berolahraga, risiko cedera akan selalu ada. Namun, kamu bisa antisipasi risikonya dengan memiliki asuransi kecelakaan Bebas Aksi. Kamu pun tak perlu lagi khawatir dengan biaya berobat, jika terjadi cedera atau kecelakaan!

 

Asuransi dengan manfaat hingga Rp1 miliar ini memiliki premi yang terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaimnya bisa dilakukan secara online di sini!