ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Kamboja

Berisikan beragam jenis sayuran dan campuran daging, samlor korkor telah dinikmati selama ratusan tahun dan dapat ditemukan di restoran atau pinggir jalan.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba amok, kari ikan yang terbuat dari santan, cabai, gula aren, dan jeruk nipis. Tak hanya ikan, amok juga bisa dihidangkan dengan ayam atau dalam versi vegetarian. 

 

2. Laos

Larb merupakan salah satu sajian tradisional Laos. Salad daging cincang ini menggunakan ayam, sapi, bebek, ikan, babi, atau jamur, yang dikombinasikan dengan kecap ikan, jeruk nipis, padaek (bumbu fermentasi ikan), khao khua (nasi panggang), dan rempah.

Menu ini dihidangkan dalam suhu ruangan, dan dimakan dengan tangan bersama ketan dan sayuran mentah. 

 

3. Myanmar

Di negara ini, teh tak hanya diminum, tetapi juga dimakan dalam sajian bernama laphet. Hasil dari fermentasi daun teh ini dihidangkan bersama dengan sayur, rempah-rempah, kelapa, bawang putih, dan kecap ikan.

Salad khas Burma ini biasa disajikan saat menyambut tamu atau dalam ritual keagamaan.

 

4. Vietnam

Jajanan khas Vietnam, spring roll bisa dinikmati fresh secara dingin bersama saus kacang, atau digoreng dengan saus asam pedas. Biasanya, sajian ini diisi dengan udang atau babi.

Untuk kamu yang suka menu kuah, pho wajib kamu coba! Terdiri dari kaldu tulang, rempah-rempah, serta potongan ayam atau sapi, mi kuah ini juga terasa segar dengan tambahan kecap ikan, cabai, taoge, dan limau.

 

5. Thailand

Populer akan kegurihannya, wisata kuliner Thailand tak lengkap tanpa tom yam, menu kuah asam pedas yang diisi dengan udang, ayam, atau sapi.

Tak hanya itu, kari Thailand yang unik juga bisa kamu cicipi. Menu-menu kari yang menjadi favorit banyak orang, antara lain red, green, yellow, Phanaeng, Massaman, dan Khao Soi.

 

Warisan sejarah kuliner dari negara-negara di Asia Tenggara ini bisa kamu nikmati di restoran terdekat di areamu atau langsung di negara aslinya. Untuk opsi tersimpel, kamu bisa coba cari di aplikasi pesan antar ya.

 

Kemudahan belanja online seperti ini juga bisa kamu rasakan saat membeli asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal yang berbasis syariah dan lengkap dengan nilai manfaat hingga Rp100 juta/tahun.

 

Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan. Selengkapnya di: https://www.fwd.co.id/products/health/bebas-handal/.


Sumber :

https://travel.tempo.co/read/1286268/5-makanan-khas-kamboja-yang-harus-dicoba

https://www.rainforestcruises.com/guides/southeast-asian-food

https://www.visitsoutheastasia.travel/guides/top-10-quintessential-southeast-asia-dishes/

https://www.rainforestcruises.com/guides/southeast-asian-food

https://www.rainforestcruises.com/guides/southeast-asian-food

https://www.rainforestcruises.com/guides/southeast-asian-food