ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1.      Nyaman dan memanjakan telinga


unsplash

 

Bagi sebagian orang, musik edm memang lebih enak didengarkan karena ritmenya yang cepat dengan alunan musik yang kencang bisa menghilangkan ketegangan. Namun, sebagian lagi, lebih memilih musik sedih dengan irama yang santai dan mendayu. Alasannya, musik jenis ini lebih nyaman untuk didengarkan. Mendengarkan musik sedih juga memanjakan telinga karena nggak perlu mendengar lagu dengan suara kencang.

 

Kenyamanan yang diberikan musik sedih bisa menghilangkan emosi negatif, lho! Kalau kamu sedang marah dan stress, bisa saja musik sedih adalah obat yang mujarab. Musik sedih bisa membuatmu lebih tenang dan menyingkirkan emosi negatif.

 

2.      Membantu fokus dalam bekerja

 

 

unsplash

 

Musik sedih dapat membantu seseorang untuk lebih fokus melakukan pekerjaan. Lagu yang kencang cenderung lebih mudah mengalihkan perhatianmu. Kalau kamu tipe orang yang susah fokus, coba deh mendengarkan lagu sedih sambil bekerja! Kalau mau yang lebih ekstrim, kamu bisa mendengarkan instrumennya saja. Dijamin fokusmu dalam bekerja akan meningkat drastis hanya dengan mendengarkan lagu sedih.

 

3.      Mengingat masa lalu

 

unsplash

 

Sebelas dua belas dengan hujan, lagu sedih juga bisa membangkitkan memori lama, lho! Lagu yang sendu dan mendayu-dayu akan membuatmu bernostalgia. Bernostalgia nggak selalu harus merasa galau, ya! Kamu bisa mengenang masa-masa menyenangkan yang pernah terlewati juga. Kamu bisa menikmati kenangan yang pernah ada dulu selama mungkin. Tinggal putar saja lagu sedih berulang kali, kamu akan terbawa ke masa lalu.

 

4.      Mencari inspirasi 

 

unsplash

 

Lagu sedih bisa memberikan inspirasi bagi beberapa orang. Contohnya, penulis lagu atau puisi. Dengan mendengarkan lagu sedih yang didominasi lirik puitis, inspirasi akan datang dengan lebih mudah. Musik sedih juga berfungsi untuk membangkitkan mood yang diinginkan. Nggak cuma penulis, pelukis dan artisan juga sering mencari inspirasi sambil mendengarkan lagu sedih. Apalagi lagu-lagu sedih akan membuat mereka lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaannya.

 

5.      Membantu seseorang untuk meluapkan emosi lewat tangisan

 

unsplash

 

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan lagu sedih membuat tubuh mengeluarkan hormon prolaktin. Hormon ini dapat membantumu untuk menangis. Lagu sedih memanipulasi otak dan memberikan tubuh rangsangan untuk mengeluarkan air mata. Terkadang, dengan banyaknya aktivitas dan stress selama bekerja, seseorang ingin menangis tetapi nggak bisa. Mendengarkan lagu sedih bisa dicoba nih biar kamu lebih gampang menangis. Kalau sudah menangis, biasanya perasaanmu jadi lebih lega.

 

6.      Membangkitkan empati

 

unsplash

 

Ternyata lagu sedih bisa mengasahmu untuk membangun empati, lho! Empati adalah perasaan yang muncul ketika kamu bisa memahami dan merasakan apa yang dialami orang lain. Kalau kamu sering dibilang nggak peka dan ingin berubah, kamu bisa mencoba mendengarkan lagu-lagu sedih. Lirik dari lagu sedih yang mengena dan ritme lagunya bisa membuatmu ikutan baper (bawa perasaan).

 

7.      Terapi untuk mengembalikan suasana hati

 

unsplash

 

Sedang merasa kesal dan marah? Meluapkannya kepada orang lain bukan hal yang tepat, lho! Kamu mungkin akan merasa lega, namun marah pada orang lain malah akan menambah masalah. Kalau kamu bingung harus apa, sebaiknya kamu mendengarkan lagu sedih. Lagu sedih terbukti bisa dijadikan salah satu terapi untuk mengembalikan suasana hati. Alasannya, lagu sedih adalah salah satu bentuk pelampiasan emosi yang membuat bebanmu berkurang.