ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Sapardi Djoko Damono

Sastrawan Indonesia ini dikenal dengan karya puisinya yang penuh makna kehidupan.

Penyair ini telah menyentuh hati banyak orang lewat tulisan-tulisannya, seperti “Hujan Bulan Juni”, “Pada Suatu Hari Nanti”, “Yang Fana Adalah Waktu”, “Aku Ingin”, “Hanya”, dan masih banyak lagi.

 

2. Chairil Anwar

Siapa yang gak kenal dengan penyair yang satu ini? Karyanya yang berjudul “Aku” merupakan salah satu kreasi iconic dari penulis yang dijuluki “Si Binatang Jalang” ini.

Dari tema percintaan, individualisme, eksistensialisme hingga kematian, kamu bisa menikmati karya Chairil dalam buku Deru Campur Debu, Kerikil Tajam dan yang Terampas dan yang Putus, dan Tiga Menguak Takdir.

 

3. William Shakespeare

Tak hanya terkenal berkat karyanya di bidang teater, Shakespeare juga punya puisi-puisi menakjubkan yang bisa kamu nikmati.

Koleksi 154 sonnet-nya sendiri dipublikasikan pertama kalinya pada tahun 1609. Beberapa karyanya yang populer adalah “Sonnet 18”, “Venus and Adonis”, “The Phoenix and the Turtle”, dan masih banyak lagi.

 

4. Edgar Allan Poe

Karya Edgar dari cerita pendek hingga puisi telah banyak dinikmati para pencinta literatur.

Khususnya bagi para penggemar tulisan dengan tema kesedihan, rasa asing, dan kehilangan, tulisan Edgar, seperti “Lenore” atau “The Raven” bisa jadi pilihanmu.

Karyanya yang berjudul “To Helen” disebut-sebut sebagai salah satu puisi cinta terindah dalam bahasa Inggris.

 

5. Emily Dickinson

Setelah kematian Emily, saudaranya menemukan ratusan puisi dan kemudian memublikasikannya.

Nama Emily pun semakin terkenal berkat puisinya yang inovatif. Karyanya banyak memengaruhi puisi-puisi abad ke-20.

Beberapa puisi Emily yang wajib dibaca adalah “I’m Nobody! Who are you?”, “Because I could not stop for Death”, “I felt a Funeral, in my Brain”, dan masih banyak lagi. 


Kira-kira penyair mana yang jadi favorit kamu? Beragam jenis puisi ini bisa kamu nikmati lewat buku fisik atau digital yang bisa kamu beli secara online.

 

Kemudahan untuk online shopping seperti ini juga bisa kamu rasakan saat membeli asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal yang berbasis syariah dan lengkap dengan nilai manfaat hingga Rp100 juta/tahun.

 

Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan. Selengkapnya di: https://www.fwd.co.id/products/health/bebas-handal/.



Sumber :

https://en.unesco.org/commemorations/worldpoetryday

https://www.kompas.com/hype/read/2020/07/19/152732866/mengenang-karya-sapardi-djoko-damono-ini-5-puisinya-yang-romantis-dan-penuh?page=all

https://www.brilio.net/wow/35-contoh-teks-puisi-chairil-anwar-puitis-dan-penuh-makna-2112033.html

https://learnodo-newtonic.com/william-shakespeare-famous-poems

https://www.poetryfoundation.org/poets/edgar-allan-poe

https://www.biography.com/writer/emily-dickinson

https://interestingliterature.com/2016/07/10-of-the-best-emily-dickinson-poems-everyone-should-read/