ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Daun nanas

Butuh alternatif kulit sapi atau domba? Nah, Piñatex merupakan terobosan fashion yang menggunakan serat daun nanas untuk membuat bahan menyerupai kulit.

Brand Piñatex juga sudah berkolaborasi dengan merek ternama, seperti Nike, lho! Materi ini merupakan bahan yang sustainable dan bisa tersedia dalam skala besar, dan tentunya lebih ramah lingkungan. 

 

2. Apel

Ternyata, sisa-sisa dari proses pembuatan jus apel, seperti kulit dan residunya bisa diolah menjadi bahan semacam kulit. Material ini bahkan sudah sering dipakai untuk alas kaki dan aksesori brand mewah, seperti Von D Shoes by Kat Von D.

 

3. Pisang

Kerja sama antara brand Swiss Qwstion dan mitra tenun dari Taiwan berhasil mengubah serat tanaman pisang menjadi bahan kain tahan air bernama Bananatex.

Material ini telah dimanfaatkan sebagai penutup furnitur, tas, hingga sepatu! Proyek besar yang menggunakan bahan ini termasuk kolaborasi antara Good News dan H&M!

 

4. Kaktus

Cari bahan kulit yang cruelty-free? Nah, brand bernama Desserto menawarkan sensasi kulit halus berbahan dasar kaktus, yang bisa dipakai untuk mebel, interior mobil hingga bahan pakaian.

Brand, seperti Fossil dan Karl Lagerfeld pun telah meluncurkan tas berbahan dasar kaktus, lho!

 

5. Jeruk

Percaya gak dari jeruk bisa lahir benang sehalus sutra? Alternatif “sutra” dari jeruk ini pun lebih digemari, karena bersifat cruelty-free! Material bernama Orange Fiber ini pernah dipakai oleh brand luxury Salvatore Ferragamo, lho!

 

6. Kentang

Penggunaan plastik sudah banyak menimbulkan isu lingkungan. Nah, inovasi yang satu ini menghadirkan teknologi bioplastic yang dapat didaur ulang dan terurai dengan mudah. Prosesnya pun tidak menggunakan resin yang beracun.

Parblex menggunakan limbah kentang yang dapat menghasilkan bahan serupa plastik yang glossy! Hasil jadinya bisa berupa kancing hingga kacamata.  

 

Menarik, kan? Dengan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan ini, kita sudah turut berpartisipasi menjaga lingkungan hidup demi bumi yang nyaman.

 

Apa pun akan kita lakukan untuk persiapan masa depan yang lebih baik. Salah satunya dengan memiliki asuransi jiwa FWD Whole Life Protection. Pada usia ke-75, kamu bisa memilih untuk mendapatkan Manfaat Hidup sebesar 50% Uang Pertanggungan untuk wujudkan masa tua impian.

 

Sisa 50%-nya akan diberikan jika terjadi risiko terminal illness atau meninggal dunia. Ada diskon premi hingga 25% untuk plan regular dan special rate untuk plan jumbo, khusus untuk kamu yang memilih Uang Pertanggungan yang lebih tinggi. Cek selengkapnya di sini!