ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Makan dan minum sebelum berolahraga

Olahraga air yang satu ini membutuhkan banyak energi! Satu jam diving bisa membakar 500 kalori yang setara dengan 50 menit jogging atau satu jam bersepeda.

Jadi, hindari diving dengan perut kosong, ya! Olahraga ini juga bisa bikin dehidrasi, lho. Untuk mencegahnya, kamu bisa minum banyak air putih, teh, atau jus.

 

2. Dapatkan sertifikasi

Operator selam mengharuskan kamu untuk memiliki sertifikasi dan kompetensi khusus sebelum menyelam. Untuk itu, pilihlah operator selam berizin dan dapatkan sertifikasimu!

Saat mencari sekolah menyelam, lakukan riset secara online. Jangan lupa untuk mengecek review-nya, ya!

 

3. Ikut kursus

Untuk memenuhi kualifikasi Open Water, prosesnya membutuhkan waktu sekitar 3–4 hari. Kursus untuk sertifikasi pemula ini, termasuk belajar teori, serta latihan di kolam dan perairan terbuka.

Jika tertarik mendalaminya, kamu bisa ikut pelatihan lainnya, seperti diving di beragam kondisi, menyelamatkan orang lain atau diri sendiri hingga memenuhi kualifikasi Deep Diver atau Digital Underwater Photographer Diver.

 

4. Dengarkan instruksi pemandu

Saat kamu di kapal, ikuti panduan instrukturmu tentang ke mana kamu akan pergi, rute yang perlu diikuti, dan apa yang perlu kamu perhatikan.

 

5. Periksa kembali scuba gear kamu

Saat menuju ke tempat diving, double check lagi perlengkapan scuba kamu. Jika tak yakin, jangan ragu untuk tanyakan pada instrukturmu, ya!

 

6. Hindari diving sendiri

Olahraga yang satu ini tak bisa kamu lakukan sendirian. Diving biasanya dipraktikkan berdua atau lebih dengan buddy kamu. Kalian menjaga satu sama lain dan menelusuri keindahan bawah laut bersama.

Simpelnya, jangan bergerak lebih dari dua meter dari buddy kamu, ya. Jika mereka sakit atau memiliki masalah dengan regulatornya, kamu bisa segera menghampirinya.

 

7. Memahami keamanan

Salah satu aturan dasar diving adalah naik ke permukaan secara perlahan. Gunakanlah dive computer yang akan memperingatkanmu, jika kamu terlalu cepat. Diver juga dianjurkan mengambil break tiga menit di kedalaman 5–6 meter. 

 

Jadi, sudah siap menjelajahi dalamnya lautan dan segala isinya? Nah, agar kamu dan keluarga gak was-was dengan risiko kecelakaan selama scuba diving, milikilah asuransi kecelakaan Bebas Aksi yang berlaku di seluruh dunia.

 

Asuransi dengan manfaat hingga Rp1 miliar ini memiliki premi yang terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online di sini!