ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Museum Tsunami Aceh, Indonesia

Pada 26 Desember 2004, gempa berkekuatan 9,3 skala Richter memicu gelombang tsunami di Aceh dan memakan korban hingga 170.000 jiwa.


Untuk mengenang tragedi ini, Museum Tsunami Aceh dibangun sebagai tempat edukasi dan pusat evakuasi ketika bencana.


Museum ini memiliki sekitar 6.038 koleksi. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat ratusan ribu nama korban dalam ruangan bernama “The Light of God”.

 

2. Kamp Konsentrasi Auschwitz, Polandia

Dibuka pada tahun 1940, Auschwitz merupakan kamp pembantaian terbesar dalam sejarah. Sebanyak 1,5 juta orang Yahudi kehilangan nyawanya di tangan Nazi.


Auschwitz kemudian menjadi simbol penyiksaan dan penderitaan orang-orang yang tak bersalah. Setiap tahunnya, tempat ini dikunjungi lebih dari dua juta turis dari seluruh dunia.

 

3. Hiroshima, Jepang

Sebanyak 80.000 nyawa melayang akibat jatuhnya bom di kota ini pada 6 Agustus 1945. Lebih dari ribuan orang yang selamat menderita keracunan radiasi dan luka. Insiden ini juga menyebabkan 70 persen bangunan di Hiroshima rata dengan tanah.


Empat tahun setelah tragedi ini, dibangunlah sebuah Peace Memorial Park dan Peace Pagoda untuk mengenang para korban.

 

4. Chernobyl, Ukraina

Pada tahun 1986, ledakan dahsyat terjadi di sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Chernobyl. Dalam tragedi ini, petugas PLTN, pemadam kebakaran, dan warga menjadi korban jiwanya.


Sejak tahun 2011, area ini dibuka untuk publik, dan bisa dikunjungi dengan bantuan tour guide. Namun, pengunjung wajib waspada karena struktur bangunannya tak lagi kokoh. Turis pun dianjurkan untuk tidak berlama-lama di lokasi karena efek radiasi.

 

Dark tourism mengajak kita berkelana ke masa lalu dan mengenal sebuah tragedi dengan lebih dekat. Jadi, tertarik untuk coba jalan-jalan ala dark tourism?

 

Ke mana pun tujuan wisatamu nanti, pastikan kamu tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga diri dari risiko kecelakaan dengan asuransi kecelakaan Bebas Aksi yang berlaku di seluruh dunia.

 

Asuransi dengan manfaat hingga Rp1 miliar ini memiliki premi yang terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online di sini!