ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Apa itu vegan fashion?

Nah, vegan fashion merupakan pakaian, sepatu, tas, aksesori hingga kosmetik yang dibuat tanpa menggunakan bahan dari binatang apa pun selama proses produksinya. 

 

Mengapa memilih vegan fashion?

Vegan fashion lahir sebagai bentuk perjuangan hak dan kebebasan binatang. Dalam proses pembuatannya, tidak ada binatang yang disiksa.


Tahukah kamu? Banyak bahan-bahan pakaian yang terbuat dari binatang yang dikurung, dieksploitasi, dan dibunuh. Aksi ini juga terjadi di industri kosmetik berupa uji coba pada binatang.


Pembunuhan binatang bahkan terjadi, ketika mereka tak lagi menguntungkan atau saat kulit dan bulunya sudah diambil!

 

Apa hubungannya fashion dengan lingkungan?

Perlu diingat, industri peternakan berkontribusi besar pada kerusakan lingkungan. Gas yang dihasilkan oleh domba dan sapi menyebabkan emisi gas rumah kaca yang tinggi.


Tak hanya itu, bahan-bahan, seperti wol, sutra, dan kulit termasuk materi yang paling berpolusi. Ketika menghasilkan kulit, kandungan kimia dan pestisida yang digunakan mengotori udara dan air. Akibatnya, kontaminasi terjadi pada air dan bahan makanan di area sekitar produksi. 

 

Apakah vegan fashion lebih ramah lingkungan?

Nah, vegan fashion terbuat dari bahan-bahan dengan jejak karbon yang lebih sedikit. Proses pembuatannya pun tidak mengeksploitasi binatang sama sekali! 


Materi tekstil, seperti rami, linen organik, katun daur ulang dan organik, poliester dan nilon daur ulang, Lyocell/Tencel, dan EcoVero terbuat dari bahan yang berkelanjutan, seperti bubur kayu, bambu, dan bioplastik yang dapat terurai.

 

Bagaimana dengan teksturnya?

Tenang, bahan-bahan ini juga tersedia dengan materi yang menyerupai wol, sutra, bulu, dan kulit. Jadi, bukan mustahil untuk mencari pakaian atau kosmetik yang vegan, dan tentunya bebas dari penyiksaan binatang dan kandungan kimia berbahaya!


Dengan mengikuti vegan fashion, kamu telah berkontribusi untuk lingkungan hidup. Saat membeli outfit atau makeup terbaru secara online, kamu bisa cek dulu ya apakah bahan yang digunakan termasuk vegan dan cruelty-free!

 

Kalau kamu mengikuti gaya hidup vegan untuk alasan kesehatan, kamu juga bisa menjaga diri dari risiko kesehatan, khususnya dari segi finansial dengan asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal.

 

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!