ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1.      Membantumu untuk dapat fokus dan berkonsentrasi


olympic.org

Membidik target dalam olahraga panahan memang nggak mudah. Sedetik sebelum tali busur panah ditarik, pemanah akan memasuki ruang hening dimana ia harus berkonsentrasi penuh. Sekali saja fokusnya diganggu, maka tembakannya akan meleset dari sasaran. Seorang pemanah berusaha untuk menembak target yang berada di tengah papan sasaran. Titik merah pada papan sasaran akan memberikan poin tertinggi bagi pemanah.

 

Pada setiap latihan, kamu akan belajar untuk meninggalkan berpikir tentang hal-hal di luar target saat sedang memanah. Itu sebabnya, konsentrasi dan fokusmu akan terlatih. Kamu pun akan menjadi pribadi yang lebih fokus dan nggak lagi tergoda untuk multitasking setelah mencoba olahraga satu ini.

 

2.      Melatih keseimbangan dalam mengatur kecepatan


archery.stanford.edu

Saat memanah, dibutuhkan koordinasi yang baik antara tangan dan mata agar tembakan seorang pemanah daoat tepat sasaran. Tangan dan mata harus bekerjasama dalam waktu yang cepat. Hal ini pula yang membuatmu harus menjaga kondisi tubuh tetap seimbang dan nggak bergeser. Pasalnya, bergeser sedikit saja dari posisi, maka tembakanmu juga akan meleset dari sasaran. Kamu juga harus mengatur kecepatan tembakanmu agar tepat sasaran.

 

3.      Menjadikan diri lebih sabar


mldspot.com

 

Kamu nggak boleh terburu-buru dalam menembakkan anak panah. Jika buru-buru, besar kemungkinan kamu akan gagal.  Itu sebabnya, saat melatih fokus dan konsentrasi, kamu pun akan menjadi seseorang yang lebih sabar. Kesabaranmu nggak hanya akan bertahan selama di arena memanah, lho! Dalam kehidupan sehari-hari kamu akan merasakan perbedaan setelah sering mengikuti latihan panahan. Kamu akan menjadi lebih sabar dan nggak terburu-buru dalam melakukan sesuatu.


4.      Melatih kekuatan tubuh


fadalisha-handmadebag.blogspot.com

Olahraga panahan seringkali dinilai nggak membutuhkan banyak gerakan. Memang seorang pemanah hanya harus bekerja dengan baik selama membidik target. Namun untuk membidik target dengan tepat sasaran, dibutuhkan kemampuan agar tubuh dapat lentur dan kuat, lho! Itu sebabnya, olahraga panahan memiliki latihan pemanasan yang berat. Memanah berkali-kali juga dapat melatih kekuatan tubuhmu, lho!

 

5.      Meningkatkan rasa percaya diri


breakingnews.co.id


Pernah melihat karakter dalam film perang yang jago memanah? Dalam film, mereka terlihat gagah dan perkasa ketika menembakkan panah ke arah musuh. Kamu juga terlihat keren saat sedang memanah, lho! Apalagi jika bidikanmu selalu tepat sasaran. Seseorang yang jago memanah akan dianggap lebih keren. Nggak heran, olahraga satu ini bisa melatih tingkat percaya diri-mu.

 

Selain itu, kamu juga nggak boleh ragu-ragu dalam membidik target. Kamu harus percaya pada dirimu untuk dapat menembak target dengan tepat. Pasalnya, jika kamu ragu, maka akan mengacaukan konsentrasi, koordinasi, dan berujung pada kegagalan. Dalam olahraga panahan, nggak ada yang pasti sebelum busurmu sampai ke papan sasaran.

 

Itu tadi 5 alasan mengapa kamu harus mencoba olahraga panahan. Apakah kamu sudah siap untuk berlatih memanah untuk mendapatkan manfaat-manfaat yang disebutkan di atas?