ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel
1. Siapkan Kacamata Cadangan 
Jika kamu memakai kacamata atau lensa kontak, selalu siapkan cadangannya. Kalau hilang atau rusak, kamu pun masih punya pengganti, dan tak perlu repot mencari optik di tempat asing.

2. Jangan Menunda Perawatan 
Saat mengalami luka pada mata, segera cari dokter mata. Jangan menunggu pulang dari perjalanan untuk dapatkan perawatan. 

Jika dibiarkan, kamu bisa jadi mengalami infeksi parah, memiliki bekas luka permanen, atau bahkan kehilangan penglihatan. 

3. Bawa Obat Tetes 
Tekanan di dalam kabin dan AC di pesawat bisa membuat mata kamu kering dan iritasi. Jika kamu terbang selama beberapa jam, pastikan untuk bawa obat tetes, ya!

4. Hapus Makeup 
Setelah beraktivitas seharian di luar, upayakan untuk hapus makeup, khususnya pada bagian matamu. Tidur dengan makeup bisa membuat matamu iritasi dan infeksi. Residu makeup juga bisa menyumbat kelenjar mata, dan mengakibatkan sindrom mata kering. 

5. Pakai Sunglass 
Kacamata hitam tak hanya dipakai saat ke pantai, lho! Bahkan, saat liburan di lokasi bersalju pun, kamu tetap perlu gunakan sunglass. Pilihlah sunglass anti-UV berkualitas tinggi untuk menghindari risiko fotokeratitis atau kerusakan kornea akibat sinar UV. 

6. Jaga Kebersihan Lensa Kontak 
Jika kamu berencana untuk tidur, jangan lupa untuk melepas lensa kontakmu. Tak hanya itu, bawalah selalu tempat lensa kontakmu dan botol air soft lens di tasmu. Siapkan juga air soft lens cadangan, ya, untuk berjaga-jaga jika hilang atau tumpah. 

Hindari menggunakan air putih untuk menyimpan lensa kontakmu. Bakteri pada air dapat menyebabkan infeksi mata yang serius. 

7. Jangan Abaikan Perubahan Penglihatan 
Tak hanya masalah mata, perubahan pada penglihatanmu bisa jadi tanda gangguan kesehatan lainnya. Ketika jalan-jalan, kita mengubah makanan dan minuman kita, yang bisa jadi salah satu faktor risikonya. 

Nah, penglihatan yang kabur dapat mengindikasikan kondisi hipertensi, stroke, atau diabetes yang tidak terkendali. 

Yuk, Antisipasi Risiko Kesehatan!
Jika terjadi masalah kesehatan, jangan ragu untuk segera dapatkan perawatan di destinasimu. Kamu tak perlu khawatir dengan biaya rumah sakit yang mahal jika punya asuransi kesehatan FWD Hospital Care Protection yang berlaku di seluruh dunia. 

Kamu bisa klaim secara cashless manfaat rawat inap dan rawat jalan dengan Limit Booster hingga Rp75 miliar! Selengkapnya di sini!

Sumber:
  • https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/travel-tips-your-eyes-only
  • https://www.specsdirectbarnet.co.uk/2017/07/31/holiday-tips-to-keep-your-eyes-healthy/
  • https://www.scott-eyecare.com/2022/12/08/7-eye-care-tips-for-the-holiday-season-2022/