ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel
1. Ganti Password 
Jika handphone kamu tidak dikunci, pencopet bisa membuka e-mail atau akun sosial mediamu. Untuk itu, pinjam handphone teman atau keluarga untuk segera mengganti semua password. 

Sebagai langkah preventif, kamu bisa matikan fitur simpan username dan password. Walau memudahkan, namun risikonya besar jika handphone hilang. Pastikan hp kamu juga selalu terkunci dengan password. 

Lakukan juga back up data setiap harinya. Jika hp hilang, kamu masih bisa mendapatkan data hp lamamu di hp baru. 

2. Blokir Kartu 
Selain itu, blokir kartu kredit yang terhubung dengan gadget-mu untuk menghindari pembelian ilegal. Segera lapor ke bank untuk melakukan pemblokiran, ya.  

3. Nyalakan Fitur GPS
Agar hp kamu tetap bisa di-track, nyalakanlah fitur GPS untuk mengetahui lokasinya.

Khusus Pengguna Apple 
Sign in ke iCloud.com/find atau gunakan aplikasi Find My di hp Apple lain yang kamu punya. Lalu, tandai bahwa device kamu hilang atau mark as lost. Kamu bisa kunci gadget dari jauh dan custom message dengan informasi kontak di hp yang hilang. 

Jika hp kamu memiliki iOS 15 atau lebih baru, kamu masih bisa gunakan Find My untuk mencari device atau membuatnya berbunyi, walau sudah dihapus. Kalau kamu punya iOS sebelumnya dan menghapus device, kamu tidak akan bisa mencarinya lagi. 

Jika punya asuransi AppleCare+ with Theft and Loss, jangan hapus device dari Find My atau Apple ID kamu sampai klaim kamu disetujui. 

Khusus Pengguna Android 
Jika kamu menggunakan akun Google untuk device-mu, fitur Find My Device akan otomatis menyala. Jika kamu mengizinkan fitur ini untuk mengakses lokasi terbaru kamu dan menyimpannya di Google, maka posisi gadget kamu akan selalu tersedia. 

Pastikan kamu sudah sign in di akun Google, menyalakan opsi Lokasi atau Location, mengaktifkan Find My Device, memiliki baterai yang cukup dan terkoneksi internet, serta device-mu terlihat di Google Play. 

Untuk mencari, mengunci, atau menghapus device dari jauh, kunjungi android.com/find. Sign in ke akun Google. Lalu, device yang hilang akan mendapatkan notifikasi. Di peta, kamu akan melihat kisaran lokasi device. 

Lalu, klik “Enable lock & erase”. Pilih yang ingin kamu lakukan: nyalakan suara dengan volume penuh selama 5 menit, mengunci device dengan password, menambahkan pesan ke lock screen hp yang hilang, atau menghapus secara permanen data di hp kamu. 

4. Hubungi Provider & Pihak Berwajib 
Untuk menghindari penyalahgunaan, hubungi provider kartu SIM kamu, ya. Hal ini untuk mengantisipasi tagihan telepon atau data yang dipakai setelah hp hilang, apalagi jika kamu memakai pascabayar. 

 Jika kehilangan terjadi, jangan lupa untuk segera laporkan ke pihak berwajib ya.  

Antisipasi Risiko saat Jalan-Jalan Sekarang!

Yuk, siapkan perlindungan diri dari segala risiko saat jalan-jalan, termasuk risiko kecelakaan atau cedera dengan memiliki FWD Asuransi kecelakaan Diri yang berlaku di seluruh dunia. 
 
Asuransi dengan manfaat hingga Rp1 miliar ini memiliki premi yang terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online. Cek selengkapnya di sini! 


Sumber: