ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel
1. Pilih Berdasarkan Keahlian 
Jika belum pernah mengunjungi dokter dan melihat lokasinya, kamu tak akan tahu seberapa nyaman dan amannya proses operasi nanti. 

Jangan hanya mengandalkan review saja, ya, karena belum tentu semuanya tepercaya. Pastikan kamu telah mengecek info tentang kemampuan dokter pilihanmu, khususnya di area wajah atau tubuh yang ingin kamu ubah.

2. Lakukan Konsultasi 
Upayakan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter minimal dua kali sebelum kamu melakukan operasi. Pastikan dokter telah memberikan info mengenai prosedur, batasan, alternatif, hingga risiko berupa infeksi atau komplikasi. 

3. Ketersediaan Waktu 
Perlu diingat, kamu harus beristirahat setelah menjalani operasi apa pun. Perjalanan udara dan operasi besar bisa meningkatkan risiko blood clot, yang membahayakan nyawa. 

Upayakan untuk tidak terbang dalam 5–7 hari setelah menjalani operasi payudara atau liposuction, dan dalam waktu 7–10 hari sesudah operasi wajah atau pengencangan perut. 

4. Hitung Harga Total 
Biaya operasi di luar negeri bisa jadi lebih murah. Namun, kamu perlu hitung juga waktu yang kamu habiskan untuk operasi dan masa penyembuhannya, yang mengakibatkan kamu tidak bisa bekerja sementara waktu. 

Tak hanya itu, perhitungkan juga harga tiket pesawat, hotel, dan risiko jika perlu ada revisi atau terjadi komplikasi. Idealnya, saat operasi di luar negeri, kamu ditemani oleh keluarga atau orang terdekatmu. 

5. Waspada dengan Paket Liburan 
Hati-hati dengan penawaran paket operasi plastik dan liburan, ya! Pada dasarnya, liburan boleh-boleh saja. Namun, lakukanlah sebelum operasi berlangsung. 

Untuk mencegah komplikasi setelah operasi, kamu perlu banyak istirahat dan harus menghindari sinar matahari, alkohol, ataupun berenang. Pastikan juga untuk bicara dengan dokter, dan bukan dengan sales-nya saja.

Jaga Kecantikan & Kesehatan, yuk!

Jika ingin operasi plastik di luar negeri, kuncinya ada di riset secara mendalam, agar keseluruhan prosesnya berlangsung aman dan nyaman. 

Selain menjaga kecantikan, kamu juga perlu, lho, menjaga diri dari risiko kesehatan dengan memiliki asuransi kesehatan FWD Hospital Care Protection. Manfaat rawat inap dan rawat jalannya bisa kamu klaim di seluruh dunia secara cashless!
 
Jangan takut dengan biaya rumah sakit yang mahal, karena ada Limit Booster hingga Rp75 miliar. Selengkapnya di sini!

Sumber: