ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1.Kenali keadaanmu

Membuat resolusi finansial memang penting, tetapi sebelum menentukan tujuanmu, kenali dulu keadaan finansialmu saat ini. Cek jumlah tabungan, cicilan, dan investasi yang kamu punya. Setelah mengetahui keadaan finansialmu, barulah kamu dapat menentukan tujuan yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu.

 

2.Buat budget

Kalau kamu belum pernah budgeting sebelumnya, hal ini dapat menjadi salah satu resolusi finansialmu tahun depan. Dengan budgeting, kamu dapat menentukan jumlah pengeluaran yang sesuai dengan penghasilanmu. Selain itu, budgeting juga bisa membantu kamu untuk mulai menabung atau berinvestasi.

 

3.Mencatat pengeluaran dan pemasukan

Selain budgeting, kamu juga perlu melakukan tracking pengeluaran dan pemasukanmu. Manfaatkan aplikasi money tracker untuk mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukanmu sehingga kamu bisa tetap on track dengan budget atau tujuan finansial kamu.

 

4.Melunasi utang dan cicilan

Utang dan cicilan dapat menghalangimu untuk mencapai tujuan finansial. Hal ini dapat berdampak signifikan, jika kamu memiliki utang dan cicilan yang berbunga. Untuk itu, lunasi dulu segala utang dan cicilan yang kamu miliki sebelum mulai mengumpulkan dan menginvestasikan uangmu.

 

5.Membuat tabungan pensiun

Mumpung kamu masih dalam usia produktif, mulailah kumpulkan dana pensiun sedini mungkin. Kamu dapat mengawalinya dengan menentukan jumlah uang yang kamu butuhkan untuk pensiun. Setelah itu, usahakan untuk menabung rutin di instrumen finansial yang membantumu mencapai tujuan tersebut, seperti reksa dana atau saham.

 

Dengan resolusi finansial yang tepat, kamu semakin dekat dengan tujuan finansialmu.