ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Ternyata, aktivitas ini menginspirasi beberapa pengelola kawasan konservasi alam ini untuk membuat perayaan HUT RI di alam Indonesia. Beberapa hal di bawah menjelaskan area gunung yang dikenal dapat didatangi untuk melakukan upacara Hari Kemerdekaan RI. Di mana saja?

 

 

https://pesona.travel

Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat

Di agenda tahun lalu, pihak pengelola Balai Taman Nasional Tambora di Nusa Tenggara Barat menggabungkan agenda Hari Kemerdekaan RI dengan Hari Konservasi Alam Nasional di Jalur Pendakian Piong. Acara untuk memeringati HUT RI ini tidak hanya dengan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 73 meter, namun juga dimeriahkan dengan rangkaian acara lainnya seperti Kemah Bakti Konservasi, Sosialisasi Pengelolaan Taman Nasional, Bakti Lingkungan / Sapu Gunung, hingga adanya Malam Keakraban berupa Volcano Run Caldera.

 

Seru sekali kan? Memang akan jadi pilihan merayakan HUT RI yang sangat tidak mainstream. Akan tetapi, sayangnya untuk agenda tahun ini belum ada kabar pastinya maupun poster serupa yang dipublikasikan. Kalau kamu tertarik, kamu bisa menghubungi langsung pihak pengelola Taman Nasional Tambora untuk menanyakan ada tidaknya acara serupa di Gunung Tambora pada perayaan HUT RI 2019. Atau kamu juga bisa untuk terus ikuti perkembangan dan informasi terbaru melalui akun media sosial Instagram @tamboranationalpark

 

 

https://piknikasik.com

 

Gunung Prau, Wonosobo, Jawa Tengah

Serupa dengan agenda yang diselenggarakan di Gunung Tambora, alternatif lainnya yang mungkin lebih bisa kamu capai adalah mengunjungi Gunung Prau yang berada di wilayah Wonosobo, Jawa Tengah. Pihak pengelola juga mengadakan acara serupa dengan puncak acara Upacara Bendera RI. Hanya saja, di sini hanya diadakan satu acara hiburan yaitu Festival Layang-layang. Acara pendukung lainnya tidak jauh berbeda seperti Pembentangan Bendera dan Bersih Gunung.

 

Hal yang unik, kamu juga bisa berpartisipasi menjadi petugas upacara di sana. Posisi penting mulai dari Pemimpin Upacara, Protokol, Girigen, Petugas Pembaca UUD 1945, Paskibra sejumlah 3 orang, hingga Pembawa Teks Pancasila dibuka rekrutmen untuk umum. Kamu yang berpartisipasi sebagai panitia dan petugas upacara di sana akan mendapatkan piagam penghargaan plus fasilitas free-pass untuk mengikuti rangkaian acara HUT RI di Gunung Prau.

 

 

https://1.bp.blogspot.com

 

Gunung Lawu

Mau melaksanakan upacara di Gunung Lawu? Kamu bisa melakukan pendakian mulai tanggal 16 Agustus pagi. Hal ini sudah menjadi tradisi dan kebiasaan bagi para pendaki yang memiliki niatan untuk mengibarkan bendera Merah Putih di puncak gunung sehingga mereka sudah berusaha sampai di lokasi satu malam sebelum hari pelaksanaan.

 

Jalur yang dibuka untuk pendakian ini adalah Cemoro Sewu. Berdasarkan informasi pendakian di tahun 2018, ini adalah momen yang cukup ramai dan melibatkan hingga ratusan pendaki. Mereka telah melengkapi diri dengan berbagai peralatan dan perlengkapan untuk mendaki, menginap, juga melaksanakan pengibaran bendera di puncak gunung. Jika kamu berminat untuk mengikuti agenda serupa di Gunung Lawu ini, bekali diri dengan perlengkapan cukup dan fisik yang baik, serta mengikuti arahan dari petugas BPBD guna meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

https://upload.wikimedia.org

 

Komplek Pegunungan Arjuno, Welirang, dan Penanggungan

Beberapa gunung di daerah Jawa Tengah juga diketahui tetap dibuka untuk jalur pendakiannya menjelang HUT RI tanggal 17 Agustus. Jika kamu berminat, kamu bisa melakukan pendakian untuk melakukan upacara bendera ataupun sekadar melakukan pengibaran bendera Merah Putih di Gunung Slamet, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Ungaran, Merbabu, dan Andong.

 

Rekomendasi ini juga diberikan untuk kamu pendaki pemula yang ingin merasakan momen pengibaran bendera di puncak gunung. Seperti alternatif Gunung Andong yang memiliki waktu tempuh pendakian yang tidak terlalu lama dan relatif tidak tinggi sebagai pengalaman pertamamu. Alternatif gunung lainnya yang juga relatif mudah didaki bahkan untuk pendaki pemula adalah Gunung Penanggungan (Mojokerto, Jawa Timur) dan Gunung Ungaran (Semarang, Jawa Tengah).

 

 

https://storage.googleapis.com

 

Pegunungan di Jawa Barat

Daerah Jawa Barat juga memiliki alternatif gunung yang bisa kamu daki untuk melakukan upacara maupun pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka HUT RI tahun ini. Beberapa di antaranya adalah Gunung Paguci, Ciremai, Papandayang, dan Cikuray.

 

Deretan alternatif gunung di area Jawa Barat ini relatif ramai dikunjungi para pendaki untuk hari-hari momentum seperti perayaan Hari Kemerdekaan RI. Mereka beramai-ramai ingin melakukan hal yang sama yaitu mengibarkan Sang Merah Putih. Seperti di Gunung Paguci (Garut, Jawa Barat), menurut data di tahun 2018 silam ada sekitar 1.500 pendaki yang meramaikan puncak gunung untuk melakukan upacara bersamaan.

 

Sebuah aktivitas yang unik menggelar upacara di gunung. Ini mungkin bisa jadi agendamu tahun ini dibandingkan hanya sekedar menyaksikan upacara bendera yang rutin dilaksanakan di Istana Negara melalui televisi. Terlibat langsung dengan prosesi upacara yang digelar pada tempat yang relatif tidak lazim ini juga bisa membuatmu untuk lebih memahami makna dari agenda tahunan yang diselenggarakan oleh pengelola konservasi alam setempat. Nah, kalau kamu pribadi punya rencana untuk mengunjungi gunung yang mana nih untuk Upacara HUT RI tahun ini?