ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel
1. Hindari Mengisi Terlalu Penuh 
Perlu diingat, bahan kulit bisa melar, lho. Nah, agar bentuk aslinya tetap terjaga, hindari mengisi tas atau dompet kamu terlalu penuh, ya!

2. Rutin Dibersihkan 
Jagalah produk kulit yang sering kamu pakai minimal setiap minggunya. Gunakanlah kain atau sikat halus untuk membersihkan tas dari debu dan kotoran.   

Pastikan untuk membersihkan kulit dengan tangan bersih, karena bahan ini mudah menyerap lemak dan minyak. 

Agar produk kulitmu makin awet, lakukan proses pembersihan menyeluruh sebanyak 1–2 kali setahun dengan produk pembersih khusus kulit. 

3. Berikan Conditioner 
Nah, conditioner kulit bisa diibaratkan seperti moisturizer, agar bahan ini tidak kering seiring berjalannya waktu. Hasilnya, tas atau dompetmu bakalan lembut dan kenyal, deh!

Untuk mencegah pengelupasan dan kerutan, kamu juga bisa aplikasikan conditioner di kain lembut dan gosok perlahan. Langkah ini boleh dilakukan minimal dua kali setahun, atau sebulan sekali untuk hasil yang maksimal.

4. Hindari Benda Tajam 
Agar tas tidak tergores, hindari aksesori atau pakaian dengan ornamen yang tajam, ya!

5. Cek Prakiraan Cuaca 
Kulit yang basah butuh penanganan khusus. Untuk itu, cek prakiraan cuaca terlebih dulu, ya. Jika diperkirakan hujan, kamu bisa bawa payung atau jas hujan. 

6. Simpan dengan Baik 
Untuk penyimpanannya, ada tekniknya juga, lho. Kosongkan tas, dan isi handbag dengan kertas tisu atau bubble wrap sehingga bentuknya tetap sempurna. Lalu, masukkan tas dalam dust bag atau sarung bantal putih sebagai alternatif. 

Simpanlah tas di tempat yang jauh dari matahari langsung atau sumber panas. Pastinya, jangan dibiarkan menggantung, ya, agar bahannya tidak kendur. Jangan lupa diangin-anginkan juga untuk mencegah munculnya jamur.   

Yuk, Jaga Keawetan Produk Kulitmu!
Produk berbahan kulit memang butuh perawatan ekstra. Nah, agar lebih awet, kamu bisa beli bahan-bahan pembersih khusus kulit di e-commerce, atau cari jasa laundry tepercaya. Sebelum membeli barang atau jasanya, pastikan untuk cek review terlebih dulu ya.

Kemudahan mencari dan mendapatkan segala sesuatu di internet ini juga bisa dirasakan untuk mendapatkan asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal.

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!


Sumber:
  • https://www.artofmanliness.com/skills/manly-know-how/how-to-care-for-leather
  • https://www.aspinaloflondon.com/landing/the-ultimate-guide-to-leather-care
  • https://buffalojackson.com/blogs/insight/leather-bag-care