ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Sebagai outer

Untuk tampilan santai, kamu bisa jadikan kemeja batikmu sebagai luaran, dengan t-shirt atau tank top putih atau cream sebagai dalamannya.

 

2. Padukan dengan blazer

Cocok untuk bertemu klien, atau datang ke event, kamu bisa tambahkan blazer di atas kemeja batikmu.

Jika kamu memakai blazer berwarna gelap, carilah batik dengan pola yang tidak terlalu mencolok.

 

3. Pilih warna terang

Warna batik menentukan image seperti apa yang ingin kamu tampilkan. Kalau ingin terlihat fresh, kamu bisa kenakan batik dengan warna-warna terang.

 

4. Pastikan ukuran sudah sesuai

Kunci memakai batik adalah ukurannya pas di badan. Size yang terlalu besar bisa membuat kamu kelihatan lebih tua loh! Pastikan baju yang kamu pilih fit dari segi bahu, lebar, dan panjang badan.

 

5. Pilih motif

Terdapat lebih dari 5.000 motif batik di Indonesia. Kamu bisa bebas mengeksplor corak dan warna yang kamu suka.

Namun, ada aturan khusus nih di Keraton Yogyakarta. Motif huk, kawung, parang, cemukiran, dan udan liris punya kekuatan spiritual dan makna filsafatnya tersendiri, sehingga motif ini hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu.

 

6. Pakai selendang batik

Ingin memberikan sentuhan batik ke baju sehari-harimu? Kamu cukup gunakan selendang batik dengan warna senada di atas outfit yang kamu pakai. Nah, agar tidak terlalu ramai, pilihlah pakaian tanpa motif ya.

 

7. Gunakan kain

Hanya dengan satu kain, kamu bisa styling menjadi beragam macam outfit, seperti tube top, dress, hingga jumpsuit! Karena hanya diikat-ikat dan tidak dijahit, pastikan kamu membuat simpul yang kencang ya.

 

Kira-kira style mana nih yang mau kamu coba? Nah, jika ingin membeli batik secara online, pastikan kamu telah mengecek size dan review tokonya ya.

 

Di zaman serba digital ini, membeli apa pun secara online bisa dengan mudah kamu lakukan, termasuk mendapatkan kepesertaan asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal.

 

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya pun terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!



Sumber :

https://www.tatlerasia.com/style/fashion/kapten-batik-styling-tips

https://www.tatlerasia.com/style/fashion/kapten-batik-styling-tips

https://gatsby.co.id/latest-article/detail/tips-tampil-elegan-mengenakan-batik-bagi-pria

https://www.asanabatik.com/index.php?route=blog/article&article_id=54

https://travel.kompas.com/read/2020/10/10/090300027/harus-tahu-serba-serbi-motif-batik-daerah-di-indonesia#

https://www.kompas.tv/article/218390/jangan-sembarang-mengenakan-batik-ini-6-motif-larangan-keraton-yogyakarta

https://www.popbela.com/fashion/style-trends/dayang-puspita-ranupani/cara-mix-match-batik-modern-untuk-gaya-yang-lebih-modis/3

https://ussfeed.com/berkainbersama-styling-guide-untuk-kain-batik/editorial/