ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Cuci muka

Mencuci muka membantu membersihkan wajah dari minyak, kotoran, dan keringat. Nah, pilihlah cleanser yang bebas sulfat, bebas pengharum, dan gentle cleanser yang tidak membuat wajah iritasi.

Namun, hati-hati ya! Mencuci terlalu sering bisa bikin jerawat tambah parah loh. Untuk itu, cucilah wajahmu dua kali dalam sehari.

 

2. Rutin lakukan exfoliation

Pada dasarnya, exfoliation adalah proses menghilangkan sel kulit mati, sehingga pori-pori tidak lagi tersumbat dan obat jerawat dapat bekerja lebih efektif.

Coba deh gunakan produk yang mengandung salicylic atau glycolic acid untuk membersihkan pori-pori selama 2-3 kali seminggu.

 

3. Memakai sunscreen

Terbakar sinar matahari bisa menyebabkan produksi minyak berlebih, sehingga memperburuk kondisi jerawat. Pastikan sunscreen yang kamu pakai noncomedogenic ya dan aman digunakan untuk wajah.

 

4. Menggunakan obat jerawat

Obat jerawat membutuhkan waktu 8-12 minggu sampai menunjukkan hasil. Efek sampingnya sendiri bisa berupa wajah kemerahan, rasa panas, atau kulit kering.

Obat yang biasa dipakai antara lain: benzoyl peroxide untuk membunuh bakteri dan mengurangi minyak berlebih, salicylic acid untuk mencegah penyumbatan pori, dan sulfur untuk menghilangkan sel kulit mati.

 

5. Jaga makan 

Tak hanya merawat dari luar, kamu juga perlu menjaga dari dalam. Gorengan atau makanan yang manis-manis berpotensi menyebabkan peradangan loh. Riset juga menunjukkan, kalau susu bisa jadi penyebab jerawat.

Untuk mengetahui makanan apa saja yang bisa jadi sumber jerawatmu, kamu bisa cek ke ahli gizi ya. 

 

6. Ke dokter kulit

Jangan ragu untuk ke dokter, jika kamu sudah mencoba berbagai cara dan tak berhasil, jerawat terasa sakit, atau terdapat bekas jerawat yang susah hilang. 

Untuk masalah kulit yang serius, dokter bisa memberikan resep antibiotik untuk membunuh bakteri, pil KB untuk masalah jerawat akibat hormon, atau isotretinoin untuk mengurangi produksi minyak. Gunakanlah obat sesuai anjuran dokter ya! 

 

Perjalanan melawan jerawat memang tidak akan instan. Namun, dengan konsistensi, kamu bisa memiliki kulit yang lebih sehat. Nah, sebelum kamu berbelanja produk skincare secara online, cek dulu review-nya dan pastikan sudah terdaftar di BPOM ya.

 

Seperti halnya membeli skincare, kamu juga bisa loh membeli asuransi untuk perlindungan dari risiko kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal secara online! Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya pun terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan.



Sumber :

https://www.byrdie.com/acne-prone-skin-4844368

https://www.healthline.com/health/acne/how-to-prevent-pimples#wash-your-face

https://www.healthline.com/nutrition/13-acne-remedies#diet

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321411#how-to-prevent-pimples

https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/acne-treatments-that-work

https://www.byrdie.com/acne-prone-skin-4844368

https://www.cnet.com/health/personal-care/a-dermatologist-explains-why-you-get-acne-and-how-to-fix-it/

https://www.healthline.com/nutrition/13-acne-remedies#see-a-doctor

https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/acne-treatments-that-work