ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Apa Itu Forest Bathing?

Di Jepang, ada sebuah kegiatan bernama shinrin-yoku atau forest bathing. Artinya, kita mengelilingi diri di tengah atmosfer hutan, dan merasakannya dengan semua indra kita.

Forest bathing sendiri bukan olahraga, ya. Kamu cukup melihat, mendengar, merasakan, dan menghirup alam sekitar.

 

Bagaimana Cara Forest Bathing

Untuk efek meditasi yang menyeluruh, upayakan untuk tidak menggunakan gadget-mu sama sekali saat forest bathing, ya! Manfaatnya sendiri pun luar biasa. Kamu bisa mengurangi stres dan mendapatkan energi kembali!

Saat forest bathing, nikmatilah suara burung dan angin berhembus, view pepohonan hijau dan matahari yang cantik, hingga wangi hutan dan udara segar. Jika ada sungai, kamu bahkan bisa menikmati percikan air. Yuk, rasakan alam sepenuhnya! 

 

Apa Saja, sih, Manfaatnya?

Forest bathing sendiri bisa menjernihkan pikiran, mengasah kemampuan menyelesaikan masalah, memberikan pandangan positif dalam hidup, hingga meningkatkan kesehatan mental, memori, dan kreativitas. 

 

Cobain Forest Bathing di Jepang!

Saat berlibur ke Jepang, kamu bisa eksplor keindahan alamnya di beberapa spot ini!

1. Sayama Hills

Juga dikenal dengan nama Hutan Totoro, Sayama Hills cocok untuk kamu pencinta film animasi dari Studio Ghibli, My Neighbor Totoro.

 

2. Hinohara Tokyo Citizens’ Forest

Hutan yang satu ini terkenal akan pepohonannya yang rindang dan air terjunnya yang jernih! Rute menuju gunung ini bahkan disebut sebagai lokasi ideal untuk mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah.

 

3. Gunung Takao

Ada beberapa jalur, nih, yang bisa kamu coba! Salah satunya Trail #6 untuk jalur cantik yang melewati Air Terjun Biwa. Gunung ini sangat populer di musim gugur dan sakura. Untuk yang suka ketenangan, cobalah untuk datang di pagi hari atau hari biasa, ya!

 

Tertarik untuk Forest Bathing?

Tenang, kamu bahkan tak perlu jauh-jauh ke Jepang, kok, untuk forest bathing. Praktik ini bisa kamu lakukan di hutan atau taman di Indonesia! Terapi hutan ini bisa membantu kamu temukan kedamaian dan kebahagiaan, deh!

 

Nah, untuk kamu yang was-was dengan risiko cedera atau kecelakaan di alam, kamu bisa memiliki asuransi kecelakaan Bebas Aksi dengan manfaat hingga Rp1 miliar.

 

Asuransi yang berlaku di seluruh dunia ini punya premi yang terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Beli dan klaim bisa dilakukan secara online di sini!