ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Bagi kamu yang menjalankan work from home, kamu bisa punya waktu lebih bersama dengan keluarga. Waktu yang kamu gunakan untuk commuting kini bisa digunakan untuk quality time. Kalau kamu tinggal bersama anak kecil di rumah, inilah saat yang tepat untuk mengenalkan mereka pada tayangan-tayangan yang menghibur sekaligus mendidik. Pesan moral yang diangkat dari film-film ini tidak hanya berlaku untuk anak-anak saja, tetapi bisa juga menjadi sarana refleksi bagi penonton dewasa yang mendampingi. Berikut pilihan film anak-anak karya sineas Indonesia yang sarat pesan moral untuk ditonton bersama keluarga!


            1. Kulari ke Pantai (2018)

Kolaborasi produser Mira Lesmana dan sutradara Riri Rizal kembali membawa angin segar bagi industri film anak-anak di Indonesia. Kulari ke Pantai menceritakan kisah dua saudara sepupu dengan karakter bertolak belakang yang harus menghabiskan waktu bersama selama road trip ke Banyuwangi. Rencana liburan Sam dan ibunya yang hobi berpetualang berubah drastis dengan kehadiran Happy, saudara sepupu Sam yang terbiasa hidup di ibu kota. Perbedaan keduanya membuat perjalanan mereka menjadi penuh tantangan dan tak terduga. Dari interaksi antara Sam, Happy, dan tokoh-tokoh lainnya dalam film ini, Kulari ke Pantai mengajarkan kita tentang makna toleransi dan saling menghargai dalam perbedaan.


2. Laskar Pelangi (2008)

Diadaptasi dari novel best seller karya Andrea Hirata, Laskar Pelangi menceritakan perjuangan anak-anak sekolah dasar di Belitung yang bertekad menggapai mimpi mereka di tengah berbagai kekurangan yang mereka hadapi. Di saat sekolah mereka akan ditutup, sekelompok siswa yang menamakan dirinya Laskar Pelangi berjuang menghadapi cobaan demi cobaan yang menerpa. Melihat jerih payah mereka, film ini mengajarkan bahwa keterbatasan bukan halangan bagi seseorang untuk maju dan mencapai cita-citanya. Kehidupan yang serba kekurangan tidak membuat mereka menyerah dan terpuruk. Alih-alih, mereka makin giat berusaha untuk bangkit dan menorehkan prestasi, sebuah contoh yang baik bagi anak-anak dan dewasa sekalipun.


3. Keluarga Cemara (2019)

Anak 90-an mungkin mengenal keluarga ini dari sinetron yang sempat tayang di televisi. Meskipun begitu, pelajaran yang dapat kita ambil dari Keluarga Cemara tak lekang oleh waktu, sehingga cerita ini diadaptasi kembali untuk generasi masa kini menjadi sebuah film layar lebar. Film yang dibintangi Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, dan Adhisty Zara ini berhasil memenangkan penghargaan Piala Citra 2019 untuk Skenario Adaptasi Terbaik. Keluarga Cemara bercerita tentang sebuah keluarga yang mendapati seluruh harta simpanan mereka ludes akibat penipuan. Untuk bertahan hidup, mereka harus pindah ke sebuah desa di Bogor dan menjalani hari-hari dalam kesederhanaan. Nilai-nilai kekeluargaan dan rasa syukur yang mereka miliki menjadi hal yang patut dicontoh oleh para penonton Keluarga Cemara.

 

Film-film tersebut dapat menjadi pilihanmu untuk menikmati hiburan yang mendidik bersama keluarga. Penuh dengan pesan moral, anak-anak juga bisa belajar mengenai kehidupan. Tidak hanya pendidikan dan hiburan, kamu juga bisa memberikan perlindungan untuk keluarga dengan Asuransi Bebas Handal, asuransi kesehatan berbasis syariah yang lengkap dengan nilai manfaat hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online tanpa tatap muka. Selengkapnya di: fwd.co.id/bebashandal!