ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Luka bakar

Terkena air panas atau api? Biarkan air dingin mengalir selama 20 menit pada luka. Kalau tak ada akses dengan air mengalir, basahkan dua pakaian untuk mengompres luka secara bergantian setiap dua menit.

Hindari memakai es atau mentega, ya! Lepas pakaian atau perhiasan karena dapat menahan panas dan menghalangi aliran darah pada luka.

 

2. Terbakar kobaran api

Jika tubuh terbakar api, lakukan langkah ini: stop, drop, cover, & roll, yakni berhenti di tempat, jatuhkan diri ke permukaan, tutup mata dan mulut dengan tangan, lalu berguling hingga api padam.

Cara ini bisa mencegah luka serius dan menyelamatkan nyawa, lho!

 

3. Digigit ular 

Segera cari pertolongan medis untuk dapatkan antibisa. Jika memungkinkan, foto ular dari kejauhan untuk memudahkan proses penanganan.

Sambil menunggu pertolongan medis, tidur atau duduk dengan posisi yang nyaman, copot perhiasan sebelum luka membengkak, bersihkan luka dengan sabun dan air, tutup luka dengan kain bersih yang kering, dan tandai area luka serta waktu luka terjadi.

Hindari mengisap racun dari luka, menangkap ular, menggunakan es, minum alkohol hingga mengonsumsi obat pereda rasa sakit.

 

4. Tidak sadarkan diri

Jika ada yang hilang kesadaran, namun masih bernapas serta tak ada luka lainnya yang menghalangi mereka untuk dipindahkan, posisikan pasien dalam keadaan recovery. Cek video ini untuk mempelajari posisi recovery!

Kalau pernapasan cenderung tidak normal, segera lakukan CPR!

 

5. Alergi

Di tengah hutan, bukan mustahil mengalami alergi akibat digigit serangga atau konsumsi makanan tertentu. Selama anaphylactic shock, seseorang bisa mengalami kesulitan bernapas.

Jika hal ini terjadi, cek apakah orang tersebut membawa obat. Kalau mereka dalam keadaan sadar, duduk tegak adalah posisi terbaik untuk mereka.

 

6. Pendarahan

Jika seseorang mengalami pendarahan, tujuan utamanya adalah mencegah kehilangan darah yang lebih banyak lagi, dan meminimalkan efek shock.

Gunakan sarung tangan sekali pakai, jika ada, untuk mengurangi risiko infeksi. Kalau ada sesuatu yang menancap di luka, berikan bantalan di sekitarnya untuk menghindari tekanan pada luka.

Jika anggota tubuh, seperti jari terputus, masukkan dalam kantong plastik atau cling wrap. Hindari untuk mencucinya, ya! Bungkuslah dengan kain lembut dan letakkan di kotak es.

Nah, anggota tubuh yang terluka jangan sampai terkena es langsung, ya! Lalu, bawalah ke rumah sakit bersama dengan pasien.

 

Untuk mengantisipasi kondisi darurat, catatlah nomor-nomor penting dan bawalah obat serta alat-alat pertolongan pertama. Jangan ragu untuk segera dapatkan pertolongan medis, ya! 

 

Jika terjadi cedera, kamu tak perlu khawatir soal biayanya dengan memiliki asuransi kecelakaan Bebas Aksi yang berlaku di seluruh dunia.

 

Asuransi dengan manfaat hingga Rp1 miliar ini memiliki premi yang terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online di sini!