ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel
1. Siapkan Fisik  
Agar badan kamu siap, coba deh untuk lakukan exercise yang kamu suka, dari berenang, yoga, tenis, voli, sepak bola hingga berlari. Karena kamu akan banyak menanjak, kamu juga bisa berlatih naik tangga, ya. 

2. Makan yang Cukup 
Untuk menjaga level energi kamu selama latihan, cobalah untuk makan porsi kecil secara berkala. Pilihlah makanan sehat dan minum banyak air! 

3. Tidak Memaksakan Diri 
Nervous di pendakian pertama adalah hal yang wajar. Kamu tak perlu buru-buru berjalan atau takut ketinggalan, karena guide pasti akan selalu mengecek setiap anggota grup.  

4. Pahami Tingkat Kesulitannya 
Penting bagi kamu untuk mengetahui level kesulitan dari trek yang akan dilalui, seperti panjang perjalanan, medan, kemiringan hingga kondisi cuaca. Setelah itu, kamu bisa berlatih untuk meningkatkan ketahananmu!

5. Siapkan Alat
Jika kamu mendaki selama beberapa hari, kamu dan grupmu memerlukan tenda, sleeping bag, pakaian bersih, jaket, hingga sepatu. Selain itu, tongkat hiking juga dapat meringankan tekanan pada kaki dan lutut hingga sekitar 20 persen, lho! 

6. Latihan dengan Beban 
Saat trekking, kamu kira-kira akan membawa tas berisikan air, makanan, pakaian, kamera, dan lain sebagainya. Untuk itu, pilihlah tas yang nyaman di punggung dengan strap dada dan pinggang. Ketika latihan, coba deh untuk bawa juga tasmu!

7. Memilih Sepatu 
Agar tak salah pilih, berbelanjalah di toko khusus dan pilih boots yang sesuai dengan jenis kakimu. Cobalah untuk berbelanja di malam hari, ketika kaki sedikit mengembang, agar kamu mendapatkan ukuran yang tepat. 

8. Bawa Perlengkapan Darurat 
Untuk navigasi, kamu bisa download offline Google Maps, simpan peta pendakian di handphone, dan membawa kompas. Bawa juga senter kepala dan baterai, topi, sunscreen, alat P3K, pisau, makanan hingga minuman ekstra. 

Jadi, Sudah Siap untuk Hiking?  
Buat yang baru pertama kali, hiking bisa terdengar sangat menantang. Ada banyak persiapan yang perlu kamu lakukan, dari membeli alat, memilih rute, mencari teman mendaki, hingga menghadapi alam liar. 

Namun, dengan persiapan yang tepat, kamu bisa berangkat dengan tenang. Nah, agar kamu dan keluarga bebas dari rasa khawatir, apalagi dari risiko cedera atau kecelakaan, milikilah asuransi kecelakaan Bebas Aksi yang berlaku di seluruh dunia. 
 
Asuransi dengan manfaat hingga Rp1 miliar ini memiliki premi yang terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online di sini! 

Sumber: