ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel
1. Fokus pada Teknik 
Jika kamu baru memulai, fokuslah pada teknik, seperti mengontrol pernapasan, memilih lagu sesuai range vokal, dan menggunakan diafragma untuk memproyeksikan suaramu.

Teknik yang tepat dapat menghasilkan performa yang luar biasa tanpa merusak vocal cord-mu.
 
2. Atur Pernapasan 
Sebelum bernyanyi, pastikan kamu tidak makan berat dalam dua jam. Perut yang penuh dapat mempersulit kamu untuk bernapas dengan benar.

Jika harus makan, kamu bisa makan buah seperti apel atau pisang. Hindari juga produk susu dan pedas, ya, karena kedua produk ini dapat menghasilkan lendir, dan mengganggu vokalmu. 

3. Rileks 
Agar kamu tidak tegang, cobalah untuk lakukan stretching sebelum menyanyi. Tarik napas, lalu buang napas dalam-dalam di setiap stretch.

Mulut dan rahangmu harus bisa membuka dan menutup dengan bebas. Kemudian, anggota tubuh seperti otot wajah, bibir, lidah, leher, pundak, dan mata harus dalam kondisi rileks. 

4. Pemanasan 
Seperti halnya olahraga, menyanyi juga butuh pemanasan. Kamu bisa coba dengan bersenandung atau menyanyikan tangga nada dari rendah ke tinggi. 

5. Rekam Suaramu & Dengarkan Ulang 
Pastikan kamu menggunakan microphone berkualitas tinggi. Jika memungkinkan, gunakan stand atau boom agar kamu bisa bergerak dengan lebih bebas. 

Pilihlah tempat yang sepi agar tidak ada suara mengganggu. Tenang dan jangan terburu-buru. Setelah selesai rekaman, dengarkan dan cek pitch, tone, dan kontrol pernapasanmu.

6. Minum Air yang Cukup 
Tenggorokan sering terasa kering saat menyanyi? Yuk, mulai biasakan minum air putih. Hindari teh, kopi, dan alkohol, ya, karena minuman ini dapat membuat kering tenggorokanmu.

7. Kenali Lagu dengan Baik 
Sebelum tampil, pelajari dulu lirik dan nada lagunya agar kamu semakin percaya diri. Ulangi terus melodinya dengan bersenandung. Setelah persiapan mantap, kamu bisa mulai menyanyikan lagunya dengan pitch yang tepat. 


Tampil Memukau dengan Persiapan!

Di era digital ini, kamu bisa temukan segala sesuatu di internet, dari tutorial menyanyi hingga produk asuransi.

Nah, asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal bisa didapatkan secara online, lho! Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan. Cek selengkapnya di sini!


Sumber: