ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Merusak pendengaran

Suara keras dari mendengarkan musik, menghadiri konser, live music, atau pertandingan ternyata bisa berbahaya bagi telingamu! Apalagi jika kamu mendengar suara keras dalam waktu yang lama. Semakin sering kamu terpapar, semakin besar dampaknya!

Bunyi kencang bisa merusak sel rambut dan selaput telinga bagian dalam. Akibatnya, kamu bisa kehilangan pendengaran. Nah, sebanyak 1,35 miliar anak muda diestimasi berisiko mengalami hal ini!

 

2. Dampaknya bisa permanen

Ketika sel rambut rusak, sel-sel ini tak bisa lagi tergantikan. Saat hal ini terjadi, pendengaranmu akan mulai terasa tak tajam.

Pernah dengar tentang telinga berdenging atau tinnitus? Nah, risiko ini memang bisa berlangsung sementara. Namun, dapat menjadi permanen, jika telinga terus terpapar suara keras!

 

3. Berpengaruh buruk untuk otak

Tak hanya pada telinga, suara keras juga berpotensi menyebabkan reaksi peradangan pada otak. Saat ini, semakin banyak bukti yang menunjukkan hubungan antara gangguan pendengaran dengan hilangnya kognisi, seperti demensia.

 

4. Melemahkan sistem imun

Polusi suara dapat memengaruhi kualitas hidup, lho! Sama halnya, seperti hormon stres, suara yang mengganggu bisa meningkatkan tekanan darah dan gula darah, serta mengurangi kemampuan tubuh melawan penyakit. 

 

5. Mengurangi kualitas tidur

Terlalu banyak suara dapat membuatmu sulit untuk rileks dan tertidur. Akibatnya, kamu tak bisa bangun dengan segar keesokan harinya. Kualitas tidur yang buruk dalam jangka panjang sering dikaitkan dengan diabetes, obesitas, dan penyakit jantung!

 

6. Berpengaruh pada kesuburan

Polusi suara atau suara keras bahkan dapat memengaruhi kesuburan pria! Untuk para wanita, efek suara keras di malam hari disebut berkaitan dengan keguguran, kelahiran prematur, dan cacat lahir.

 

Yuk, mulai jaga kesehatan pendengaran dengan mengatur volume ketika mendengarkan musik, dan memakai ear muff atau ear plug saat berada di tempat bersuara keras.

  

Selain itu, pakailah noise-cancelling headphone untuk meredam kebisingan di sekitarmu. Alat ini bisa memberikan pengalaman mendengarkan musik tanpa harus menaikkan volume ke tingkat yang berbahaya!


Kamu juga bisa menjaga diri dari risiko kesehatan, khususnya dari segi finansial dengan memiliki asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal.


Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!