ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Cari studio tepercaya

Bukan sembarang tindik, kamu wajib cek dulu portofolio studio dan review dari teman atau orang lain.

 

2. Pilih anting

Anting pertamamu harus digunakan hingga telinga sembuh, jadi pastikan untuk memilih yang kamu benar-benar cocok, ya!

Cari anting yang terbuat dari logam premium hypoallergenic, atau emas 14 karat. Untuk yang memiliki alergi nikel, pilihan amannya adalah titanium kelas medis.

 

3. Wajib bersih

Setelah memilih perhiasan, studio kemudian akan membersihkan anting yang kamu tunjuk, dan memanggil kamu ke ruang piercing.

Piercer atau orang yang menindik, akan membersihkan kulitmu dan menandai bagian yang ditindik. Pastikan kamu sudah puas dengan posisinya sebelum piercing dilakukan, ya!

 

4. Tentukan cara piercing

Opsimu ada dua, yakni dengan jarum atau tembakan. Proses tindik dengan gun atau tembakan lebih cepat, tetapi hasilnya tidak seakurat dengan jarum.

Gun juga tidak bisa secara penuh disterilkan, sedangkan jarum lebih bersih, karena hanya sekali pakai. Proses pengerjaan dengan jarum memang lebih lama sedikit, namun penyembuhannya lebih mudah.

 

5. Perhatikan aftercare-nya

Tindik telinga pada dasarnya merupakan luka, sehingga kamu perlu menjaga area tersebut hingga pulih kembali.

Tindikan di area daun telinga membutuhkan waktu untuk sembuh sekitar enam minggu, sedangkan untuk cartilage atau tulang rawan membutuhkan sekitar 12 minggu. Tetap gunakan anting awalmu hingga sembuh, ya, agar piercing tidak tertutup.

 

6. Bersihkan dua kali sehari

Hindari memegang piercing dengan tangan kotor untuk mencegah terjadinya infeksi. Kamu bisa bersihkan area telinga dengan cairan saline, ya. Upayakan untuk tidak memutar anting selama proses penyembuhan.

 

7. Antisipasi risiko infeksi

Pilihan tempat piercing dan proses aftercare-nya dapat meminimalkan risiko infeksi. Namun, kenali dulu tanda-tanda infeksi, seperti rasa sakit, pembengkakan, rasa hangat, kemerahan, atau kerak di sekitar lubang telinga.

Jangan ragu untuk dapatkan perawatan medis jika terjadi infeksi dan mengalami demam!

 

Jadi, sudah siap piercing belum, nih? Yuk, cari studio piercing tepercaya di kotamu. Kamu bisa mulai dari pencarian di media sosial atau Google! Selalu cek review pelanggan lain, ya!

 

Mudah, kan, mencari segala sesuatu di internet? Nah, kemudahan ini bisa kamu temukan juga saat mendapatkan asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal.

 

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!