ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Apa itu terapi musik?

Simpelnya, music therapy adalah penggunaan musik secara klinis untuk mencapai gol setiap individu, seperti memperbaiki mood, mengurangi stres, dan lain sebagainya.

 

Bagaimana terapi ini dilakukan?

Terapi ini biasanya mencakup mendengarkan musik, bernyanyi, memainkan instrumen, atau membuat lagu. Dalam sesi terapi, kamu juga diajak untuk bergerak sesuai irama, atau mendiskusikan lirik lagu.

 

Apakah harus bisa main musik?

Tenang, kamu gak harus bisa main alat musik untuk mendapatkan manfaat dari terapi ini. Terapis musik akan merancang dan menyediakan pengalaman musik yang sesuai dengan kebutuhan setiap kliennya.

 

Siapa yang bisa mendapatkan terapi musik?

Berapa pun usiamu dan apa pun latar belakangmu, kamu bisa mencoba terapi musik. Terapis bahkan bisa membantu bayi yang baru lahir hingga orang dewasa.

 

Untuk siapa khususnya terapi musik diperlukan?

Siapa pun yang butuh bantuan bisa menjalani terapi ini, dari veteran, pengidap autisme, individu dengan Alzheimer, korban trauma, pasien penyakit kritis, orang dengan gangguan mental, hingga pengguna narkoba.

 

Apa saja manfaat terapi musik?

Menurut penelitian, terapi musik dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi, memori dan fungsi kognitif.


Tak hanya itu, terapi ini juga bahkan bisa meningkatkan koordinasi dan fisik loh. Penggunaan musik dalam sesi terapi juga bisa membantu tubuh memproduksi pain killer secara natural.

 

Bagaimana efeknya ke kesehatan mental?

Riset membuktikan, terapi ini dapat mengurangi kecemasan dan stres, mengatur mood dan tingkat energi, meningkatkan motivasi, serta mengontrol rasa marah dan frustasi.

 

Di mana kamu bisa mendapatkan terapi musik?

Terapi ini umumnya bisa didapatkan di rumah sakit, panti jompo, klinik, pusat kesehatan mental, atau bahkan di rumah pribadimu.

 

Terapi musik sendiri merupakan salah satu bentuk perawatan paliatif untuk meningkatkan kualitas hidup pasien, sekaligus memberikan dukungan untuk keluarga. 

 

Manfaat rawat jalan, seperti perawatan paliatif ini bisa di-cover asuransi kesehatan FWD Hospital Care Protection yang berlaku di seluruh dunia. Tak hanya itu, kamu juga bisa klaim secara cashless untuk manfaat rawat inap.

 

Jangan takut dengan biaya rumah sakit yang mahal, karena ada limit booster hingga Rp75 miliar. Selengkapnya di sini!