ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Sambal Dabu-Dabu

Berasal dari Manado, sambal yang satu ini cocok banget disantap bareng ikan bakar. Cita rasanya yang pedas berasal dari irisan tomat dan cabai mentah, yang disiram minyak panas. Agar aromanya makin sedap, tambahkan daun jeruk atau kemangi, ya!

 

2. Sambal Bajak

Makan dijamin makin lahap dengan sambal bajak ekstra di piring! Sambal asal Jawa Timur ini nikmat banget disantap bareng ayam goreng atau ikan bakar.

Untuk membuatnya, kamu perlu cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit merah, terasi goreng, daun salam, lengkuas, gula merah, minyak hingga asam jawa.

 

3. Sambal Matah

Untuk yang suka makanan khas Bali, pastinya sudah tak asing lagi dengan sambal yang satu ini! Cocok disantap bersama ikan goreng atau bakar, sambal matah bisa jadi pelengkap berbagai menu lainnya, lho!

Mau coba buat? Yuk, siapkan cabai rawit merah, cabai rawit hijau, cabai rawit keriting, bawang merah, serai, dan daun jeruk. Iris halus semua bahan, dan campurkan garam, gula, dan air jeruk nipis. Lalu, siram minyak panas dan aduk rata, deh!

 

4. Sambal Andaliman

Sambal yang satu ini menggunakan bahan khusus, nih, berupa biji andaliman! Rempah ini juga umum dikenal dengan nama merica batak.

Sambal andaliman punya rasa pedas yang nendang dengan aroma jeruk yang khas. Cocok banget dipadukan dengan ikan bakar atau ikan asin goreng.

 

5. Sambal Colo-Colo

Nah, kalau kamu ingin sambal dengan rasa pedas dan asam, sambal colo-colo jawabannya! Sambal khas Papua dan Maluku ini biasa dipakai untuk memasak sate!

Tak hanya itu, sambal ini juga cocok jadi cocolan gorengan hingga pelengkap yang pas saat makan ikan goreng dan ikan bakar.

 

Jadi, Sudah Siap Nyambel Belum, nih?

Ternyata, makan pedas punya banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, hingga menyehatkan jantung. Namun, jangan sampai terlalu banyak makan sambal, ya, karena berisiko sakit maag, iritasi usus, hingga asam lambung naik!

 

Tentunya, kamu tak perlu was-was jika sakit, karena asuransi kesehatan FWD Hospital Care Protection bisa kamu klaim secara cashless untuk manfaat rawat inap dan rawat jalan. Asuransi ini bahkan berlaku di seluruh dunia, lho!

 

Jangan takut dengan biaya rumah sakit yang mahal, karena ada Limit Booster hingga Rp75 miliar! Selengkapnya di sini!