ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Saliva Test

Uji tes lewat saliva atau air liur sudah menerima otorisasi penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA). Tes ini dinilai lebih efisien dan murah karena dapat menguji 90 sampel dalam waktu kurang dari tiga jam. 

Keuntungannya, pengambilan sampel dapat dilakukan dengan lebih mudah dan nyaman. Berdasarkan data dari JAMA Internal Medicine, akurasi dari tes ini dalam mendeteksi kasus positif virus corona mencapai 83 persen.

 

Anal test

Beberapa pakar percaya anal swab dapat mendeteksi virus dengan lebih baik. Anal test sudah dilakukan di Cina kepada orang-orang yang berisiko tinggi, seperti travelers, penduduk di kawasan yang terdeteksi COVID, sekelompok anak sekolah dan guru.

Tes ini dilakukan dengan memasukkan cotton swab ke rectum dan membutuhkan waktu 10 detik. Namun, metode ini tidak akan digunakan sesering metode lainnya, karena faktor ketidaknyamanan.

 

Metode apa yang akan diadopsi di Indonesia?

Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengatakan, ada kemungkinan Indonesia menggunakan tes COVID-19 berbasis air liur dalam rangka memperluas kapasitas pengetesan. 

Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 sedang mengembangkan saliva test. Jika berhasil, tes ini dapat digunakan untuk daerah-daerah yang tidak memiliki akses peralatan PCR. Saat ini, Universitas Padjadjaran tengah memasuki tahap 3 pengembangan dan diharapkan dapat mendukung percepatan pengujian COVID-19. 

 

Inovasi dari tes COVID-19 ini dapat membantu contact tracing dengan lebih cepat.

 



Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3643242/penasaran-ini-cara-kerja-tes-virus-corona-lewat-air-liur

https://www.healthline.com/health-news/noninvasive-saliva-tests-for-covid-19-as-effective-as-nose-throat-swabs#What-experts-think

https://www.health.com/condition/infectious-diseases/coronavirus/anal-swabs-coronavirus

https://www.health.com/condition/infectious-diseases/coronavirus/anal-swabs-coronavirus

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5355543/seberapa-efektif-tes-covid-19-dengan-air-liur-ini-penjelasan-ahli

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210201165320-199-600960/mengenal-saliva-tes-covid-19-air-liur-lebih-nyaman-dari-pcr