ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Bagaimana cara kerja financial minimalism?

Simpelnya, kamu memakai uang hanya untuk hal-hal yang kamu nilai penting, dan menghapus konsumsi yang bukan prioritas. Kuncinya adalah memberikan ruang untuk mengembangkan diri dan terus mengejar passion.

 

Untuk apa lakukan financial minimalism?

Menjadi financial minimalist bisa membantu memperbaiki situasi keuangan, seperti melunasi utang, mengembangkan tabungan, dan membangun kekayaan, sambil menikmati hidup.


Cara ini juga bisa mengurangi rasa stres di bidang keuangan, lho! Kamu tak lagi bergantung pada materi, tetapi lebih berfokus pada apa yang membuat hidup bermakna, seperti kesehatan, hubungan dengan orang lain, serta passion-mu. 

 

Bagaimana cara menjalankan financial minimalism?

Pertama, kamu harus kenali dulu apa yang ingin kamu kejar, misalkan kamu memprioritaskan quality time dan memiliki hobi traveling. Untuk mencapai tujuan tersebut, kamu mengurangi jajan-jajan tak penting demi jalan-jalan dengan keluarga. Yuk, cek tips lainnya!

 

1. Cek pengeluaran

Catatlah setiap pengeluaran pada kertas atau aplikasi. Kenali apa yang termasuk dalam kebutuhan atau keinginan. Pangkaslah pengeluaran yang jarang kamu pakai, seperti langganan streaming, aplikasi, atau majalah. 

 

2. Buat budget

Evaluasi kembali setiap pengeluaran tadi, dan urutkan dari yang paling utama, seperti cicilan rumah atau biaya sewa, makanan, tabungan, dan investasi, hingga yang paling fleksibel, seperti biaya traveling, hiburan, dan makan di luar.


Lalu, pantau pengeluaran sehari-hari dan pastikan biaya tetap sesuai budget.

 

3. Miliki dana darurat

Uang ini dikhususkan untuk kejadian tak terduga, seperti risiko PHK, kendaraan rusak, sakit gigi, atau renovasi rumah.


Selain menyisihkan gaji, kamu juga bisa kumpulkan dana ini dengan menjual barang-barang tak terpakai di rumah.

 

4. Lebih banyak berinvestasi

Nah, agar uangmu tak tergerus inflasi, upayakan untuk eksplor opsi investasi. Pilihlah investasi sesuai dengan risiko yang berani kamu ambil. Tak hanya investasi uang, kamu pun bisa investasi pada diri sendiri dengan terus menambah ilmu.

 

Kunci dari financial minimalism adalah berhati-hati dalam mengeluarkan uang dan memiliki tujuan keuangan, sehingga tak ada pengeluaran yang sia-sia. 

 

Konsep ini juga bisa kamu praktikkan dalam memilih asuransi. FWD Asuransi Jiwa dan Penyakit Kritis Plus bisa melindungi kamu dan keluarga dalam satu polis untuk proteksi dari tiga penyakit infeksi, seperti demam berdarah, malaria, dan demam tifoid. 

 

Kamu akan terjaga dari risiko penyakit kritis, termasuk serangan jantung, stroke, dan kanker. Jika sehat terus hingga akhir masa asuransi, premi kembali hingga 110%. Miliki perlindungan ini secara online di sini.