ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tentang penyakit kanker

Penyakit kanker muncul dari mutasi berbahaya pada gen yang mengontrol perkembangan sel-sel tubuh. Akibatnya, sel-sel tersebut tidak dapat bekerja dengan baik. Faktor genetik atau keturunan memang memengaruhi risiko terkena penyakit kanker, tetapi bukan berarti riwayat kanker dalam keluarga akan selalu menurun ke generasi berikutnya.

Faktanya, faktor genetik bukanlah penyebab langsung timbulnya penyakit kanker. Dalam kebanyakan kasus, yang diturunkan adalah faktor risiko terkena penyakit kanker secara genetik, bukan penyakit kankernya secara langsung.

 

Jenis-jenis penyakit kanker berdasarkan penyebabnya

      Hereditary cancer adalah kanker keturunan yang berasal dari mutasi genetik yang menurun dari orang tua dan sangat umum ditemukan dalam dua atau tiga generasi secara turun-temurun. Jenis kanker yang diderita antargenerasi ini bisa jadi sama ataupun berbeda.

      Familial cancer adalah jenis kanker yang sering ditemukan pada mereka yang memiliki hubungan keluarga. Meskipun belum ada mutasi gen spesifik yang berkaitan dengan kanker tersebut, sangat mungkin bahwa ada faktor keturunan yang belum teridentifikasi yang memengaruhi terbentuknya kanker jenis ini.

      Sporadic cancer adalah jenis kanker yang tidak berkaitan dengan keturunan. Kanker jenis ini disebabkan oleh mutasi gen yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti usia, gaya hidup, lingkungan tempat tinggal, dan lain-lain. Walaupun begitu, sangat mungkin bahwa sejumlah orang dalam satu keluarga memiliki kanker sporadis sehingga sekilas terlihat seperti kasus hereditary atau familial cancer.

 

Bagaimana cara mendeteksi kanker keturunan?

Deteksi penyakit kanker yang disebabkan faktor keturunan dapat dilakukan dengan tes genetik yang dilakukan di laboratorium. Pada umumnya, tes genetik ini dilakukan melalui sampel darah maupun sampel jaringan yang diambil dari dalam tubuh. Ahli genetika kemudian akan menganalisis potensi mutasi dalam sampel tersebut untuk menentukan apakah kamu memiliki risiko kanker keturunan atau tidak.

 

Faktor genetik adalah hal yang tidak dapat diubah. Kita dapat mengendalikan faktor lain dalam menghadapi risiko kanker dengan menerapkan pola hidup sehat, deteksi dini, dan memiliki perlindungan.


Sumber:
[1]
https://health.uconn.edu/medical-genetics/hereditary-cancer-program/what-is-hereditary-cancer/

[2] https://www.color.com/learn/can-cancer-be-inherited-learn-about-hereditary-cancer