ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1.       Mix and match koleksi batik

 

Sumber: jadiberita.com

 

Batik bukan lagi pakaian kuno yang dianggap membosankan. Sekarang, batik hadir dengan corak menarik, serta desain yang kekinian. Selain pakaian, motif batik juga hadir pada beberapa aksesoris fashion lainnya, seperti topi, tas, scarf, hingga sepatu. Berapa banyak sih koleksi batik yang kamu miliki di rumah? Mumpung hari batik nasional, saatnya kamu mix and match koleksi batik yang kamu miliki. Untuk tampil simple, kamu bisa memadukan 1 item batik dengan item lainnya. Namun, jika ingin memadukan dua atau lebih item batik juga boleh, lho!

 

2.       Pakai koleksi batik untuk beraktivitas

 

 

Sumber: cordmagazine.com

 

Setelah memadukan koleksi batik yang kamu miliki, saatnya memberi tahu dunia bahwa hari ini adalah hari batik nasional. Jika biasanya kamu jarang pergi ke kantor atau kampus dengan mengenakan batik, saatnya kamu menunjukkan rasa cintamu pada batik.

 

Kalau kamu bukan tipe orang yang suka menjadi pusat perhatian, kamu bisa mengenakan salah satu item batik saja yang tidak mencolok. Misalnya dengan mengenakan scarf atau cardigan dengan motif batik. Bagaimana? Mau mencoba?

 

3.       Posting OOTD batik ke media sosial

 

 

cdn.idntimes.com

 

Jangan cuma dipakai ke kantor, kamu harus mengabadikannya lewat media sosial. Tunjukkan rasa cintamu terhadap batik dengan pamer ke media sosial. Siapa tahu, lewat postinganmu, akan makin banyak orang yang aware terhadap hari batik nasional. Jangan lupa untuk menambahkan caption berisi ajakan untuk mencintai batik sebagai warisan budaya asli Indonesia, ya!

 

4.       Ajak teman-temanmu beramai-ramai mengenakan batik

 

 

3.bp.blogspot.com

 

Makin ramai, makin seru bisa kamu aplikasikan dalam merayakan hari batik nasional. Jangan lupa ajak teman-teman kantormu mengenakan batik, ya! Kalian bisa saling mengoreksi outfit apa yang sebaiknya kamu kenakan. Setelah itu, jangan lupa berfoto bersama untuk mengabadikan momen setahun sekali ini, ya! Seru banget kan untuk dijadikan kenangan?

 

5.       Cari tahu lebih banyak tentang batik ke museum batik

  

sejarahlengkap.com

 

Kamu bisa pergi ke museum batik bersama teman-teman untuk mempelajari sejarah batik. Kosongkan jadwalmu pada tanggal 2 Oktober, dan bertolak ke daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur untuk menilik berbagai proses dibalik hadirnya batik. Jika memilih ke Jawa Tengah, kamu bisa mengunjungi Museum Batik Pekalongan hingga Museum Batik Danar Hadi yang terletak di Surakarta. Kalau lebih dekat ke Jawa Timur, kamu bisa bertolak ke Rumah Batik Jawa Timur di Kota Surabaya. Selain menambah wawasan, kamu juga bisa menjadikan batik komoditas untuk dijual, lho! Popularitas batik sebagai warisan budaya dunia nggak pernah mati dan akan selalu menarik orang untuk membeli produk yang menggunakan corak batik.

6

Diskon makanan dan pakaian lainnya juga biasa menghiasi hari batik, kok! Rajin-rajin cek di media sosial ya untuk mencari tahu promo terbaru sebelum 2 Oktober 2019! Bagaimana? Sudah memiliki rencana untuk merayakan Hari Batik Nasional?