ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Melewatkan tahap double cleansing

Tahap esensial dari skincare dimulai dari membersihkan wajah. Ternyata, mencuci muka saja tidak cukup, lho! Wajah yang tidak dibersihkan secara menyeluruh dapat menyebabkan kulit iritasi, berjerawat, dan menua lebih cepat. 

Langkah pertamanya, pilih oil-based cleanser untuk menghapus kotoran, makeup, dan sisa sunscreen. Tahapan berikutnya, gunakan water-based cleanser atau mencuci muka dengan air dan sabun untuk membersihkan wajah dari keringat dan sebum berlebih.

 

2. Tak memakai sunscreen dengan tepat

Paparan sinar matahari yang intens bisa menyebabkan penuaan! Dampak-dampak buruknya bisa berupa kulit kering, kusam, kehilangan elastisitas, kendur, kasar, pori-pori besar, hingga bintik-bintik kecokelatan.

Dengan memakai sunscreen, kamu bahkan bisa menghindari risiko kanker kulit, lho! Jadi, apa pun cuaca dan musimnya, selalu pakai produk ini, ya!

Walaupun makeup mengandung SPF, maksimalkan proteksi kulitmu dengan mengaplikasikan sunscreen sebelum kamu berdandan.

 

3. Tak pakai moisturizer

Siapa bilang kulit berminyak tak perlu moisturizer? Faktanya, jenis kulit ini juga butuh kelembapan.

Kondisi kulit yang kurang hidrasi justru cenderung memproduksi minyak yang lebih banyak lagi. Kuncinya, carilah moisturizer yang ringan dan water-based.

 

4. Keliru saat layering

Skincare dengan kandungan, seperti AHA atau BHA, retinol, vitamin C, benzoyl peroxide, atau acid bisa membuat kulit iritasi jika dipakai secara bersamaan.

Ketika memakai produk eksfoliasi, berilah jeda 1-2 hari dan hindari melapisinya sekaligus. Hentikan pemakaian jika wajah memerah dan kulit mengelupas.

 

5. Salah urutan pakai

Mulailah dari produk dengan tekstur yang paling ringan hingga yang paling tebal dan creamy.

Sebagai contoh, hindari memakai eye cream setelah moisturizer. Tekstur eye cream yang lebih ringan akan sulit menembus pelembapmu yang lebih padat. Hal ini juga yang menyebabkan produk tidak bekerja dengan maksimal.

 

6. Lupa memakai skincare pada leher

Simpelnya, apa pun yang kamu pakai pada wajah, aplikasikan juga pada lehermu. Tanda-tanda penuaan akan tampak jelas pada area ini, lho!

 

Saat membeli skincare secara online, pastikan untuk mengecek review-nya dulu, ya! Berbelanja di era digital memang terasa lebih mudah. Kamu juga bisa mendapatkan apa pun tanpa ribet secara online, termasuk mendapatkan asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal.

 

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!