ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

#PilihYangBeda dengan menjajal serunya naik cruise juga layak dicoba kok. Sensasinya bakal membuat liburan lebih berkesan dan menyenangkan. Baru pertama kali mencoba pengalaman naik cruise? Ini dia beberapa panduan tentang hal apa saja yang nggak boleh dilakukan.

Datang Lebih Awal, Jangan Sampai Ketinggalan


©Shutterstock

Catat baik-baik jadwal keberangkatan cruise, jangan sampai ketinggalan. Kapal pesiar biasanya punya jadwal yang sangat tepat waktu. Jadi, kalau sampai terlambat datang, jangan harap para kru akan menunggu.

Kalau sampai terjebak dalam situasi seperti ini, kamu bisa booking tiket pesawat untuk tiba di port berikutnya dan hubungi kapal pesiar tersebut untuk memberikan konfirmasi bahwa kamu akan berlayar dari pelabuhan tersebut. Tapi, cara ini jelas memakan waktu, tenaga, dan biaya yang jauh lebih banyak. Jangan sampai liburan jadi nggak asyik gara-gara terlambat datang sesuai jadwal.

Nggak Perlu Membawa Semua Isi Lemari Selama Berlayar


©Shutterstock

Memang kamu melalui waktu berlayar yang cukup panjang, tapi nggak perlu membawa semua isi lemari ke atas kapal pesiar. Ingat baik-baik kalau overpacked sangat nggak disarankan karena kabin memiliki space yang terbatas. Selain itu, kebanyakan kapal pesiar punya jasa laundry yang bisa dimanfaatkan kalau kamu mulai kehabisan pakaian. Jadi, nggak perlu khawatir kehabisan pakaian di tengah perjalanan!

Jangan Kalap dengan Makanan



©Shutterstock

Sajian makanan di dalam cruise biasanya berupa hidangan buffet yang bisa dinikmati sepuasnya. Meskipun begitu, jangan kalap dengan makanan yang ada. Nggak perlu menimbun makanan buffet di dalam kotak bekal untuk di bawa ke dalam kabin.

Kalau pun sewaktu-waktu kamu kelaparan, buffet ini dibuka dalam waktu yang cukup panjang, bahkan kadang selama 24 jam penuh. Kalau memang ingin menikmati makanan dalam kabin, kamu bisa langsung memesannya kepada awak kapal yang nantinya akan langsung mengantar ke dalam kabin.  

Jangan Perlakukan Awak Kapal Seenaknya


©Shutterstock

Selama perjalanan dengan cruise, para penumpang akan dilayani oleh para awak kapal bak raja. Tapi, jangan sampai hal ini membuat kamu malah bertindak semena-mena kepada mereka. Bekerja di dalam cruise itu berat, karena mereka harus terus standby setiap hari tanpa waktu libur dan tanpa uang lembur.

Nggak ada ruginya kok menunjukkan sikap sopan. Jangan lupa ucapkan “tolong” saat meminta sesuatu dan “terima kasih” saat sudah mendapatkan apa yang dibutuhkan. Jika mereka merasa dihargai, pastinya kinerja dan pelayanan yang diberikan bisa semakin baik.

Pastikan catat baik-baik beberapa rules di atas sebelum merencanakan liburan naik cruise demi perjalanan yang menyenangkan. Selamat menikmati petualangan cruise pertama kamu, ya!