ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Apa Kata Penelitian?

Musik dapat membantu produksi dopamin, yang berfungsi untuk menstimulasi otak dan membuatmu lebih produktif! Dengan catatan, kamu mendengar musik yang kamu suka, ya!

Studi menganjurkan, pilihlah lagu yang cukup kamu sukai. Dalam artian, lagu tersebut bukan yang sangat kamu suka atau benci sehingga memicu emosi dan memecah konsentrasi. 

 

Tergantung Kepribadian

Walau tidak selalu, orang extrovert cenderung kurang stimulasi sehingga membutuhkan background music untuk bekerja.

Di sisi lain, orang introvert cenderung merasa musik atau suara mengganggu konsentrasi sehingga lebih suka bekerja dalam ketenangan.

 

Bisa Menjadi Pengalih Perhatian

Ketika bekerja di kafe, kantor, atau rumah yang berisik, kamu bisa memakai noise-cancelling headphone.

Walaupun kamu suka bekerja dalam ketenangan, mendengarkan musik yang tepat bisa jadi pilihan yang lebih menyenangkan dibandingkan suara-suara di sekitar yang mengganggu.

 

Cocok untuk Pekerja Kreatif

Ternyata, musik bisa memicu imajinasi dan ide-ide kreatif, lho! Mendengarkan musik sambil bekerja cocok banget untuk kamu yang bekerja di dunia kreatif!

 

Tergantung Tingkat Kesulitan

Ketika kamu sudah menguasai suatu pekerjaan, background music dapat membantumu lebih fokus.

Beda ceritanya, ketika kamu baru mulai belajar sesuatu atau sedang mengerjakan sesuatu yang rumit. Menghindari musik bisa jadi opsi yang kamu ambil.

 

Cobalah untuk Bereksperimen

Studi membuktikan, musik tanpa lirik bisa membuatmu lebih mudah berkonsentrasi. Namun, pengalaman setiap orang dengan musik berbeda-beda.

Kamu bisa bereksperimen dengan beragam jenis musik dan temukan yang paling bisa membantumu fokus.

 

Pilih Musik Apa, ya?

Peneliti menganjurkan, putarlah musik yang sering kamu dengar sehingga kamu tak lagi fokus pada lirik atau beat-nya. Alternatifnya, kamu bisa dengarkan musik klasik, suara alam, funk music, atau soundtrack film.

 

Hindari Musik Ini, deh!

Mendengarkan genre musik yang kamu tak suka bisa menurunkan produktivitasmu. Jika kamu terlalu fokus pada lirik saat bekerja, stop musik dan ganti lagu, ya!

Peneliti menyebutkan, musik dengan lirik dan tempo cepat dapat mengganggu kinerjamu. Begitu juga dengan musik bertempo lambat, efeknya bisa membuatmu mengantuk dan kehilangan motivasi.

 

Jadi, Kamu Tim Putar Musik atau No Music, nih?

Kalau kamu suka memutar musik saat bekerja, tentunya kamu membutuhkan langganan streaming musik tanpa iklan agar fokusmu tidak terganggu.

Semudah berlangganan streaming musik, kamu pun bisa mendapatkan asuransi kesehatan secara online, lho!

 

Asuransi Bebas Handal memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusi dari asuransi kesehatan berbasis syariah ini terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!