ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Kolaborasi Apple dan U2

Pada tahun 2004, MP3 masih belum sepopuler CD. Nah, dalam rangka menarik warga ke musik digital, Apple bekerja sama dengan band rock populer, U2 untuk merilis album How to Dismantle an Atomic Bomb.

Apple kemudian meluncurkan iPod limited edition yang berisikan seluruh lagu-lagu U2, termasuk yang belum dirilis sebelumnya, beserta ukiran tanda tangan mereka.

 

2. Bayar sesukamu ala Radiohead

Band rock asal Inggris ini mengubah industri musik dengan menawarkan opsi pembayaran sukarela untuk album mereka, In Rainbows. Penggemar yang tak ingin membayar pun bisa mengunduhnya secara gratis!

Dengan metode ini, Radiohead berhasil mendapatkan penghasilan lebih besar dibandingkan album sebelumnya! Bahkan, album ini sempat merajai Billboard 200 saat dirilis dalam bentuk CD.

 

3. Beli tabloid bonus CD Prince

Bekerja sama dengan media Inggris, Daily Mirror, Prince membagikan 2,5 juta albumnya yang berjudul 20Ten secara gratis.

Keputusannya untuk tidak menjualnya di toko atau secara online pun tepat, karena ia menjadi perbincangan utama di industri sebagai artis besar pertama yang merilis album di surat kabar nasional.

 

4. Rilisan kejutan dari Beyoncé

Tanpa siaran pers, pengumuman, atau bahkan tweet, album berjudul Beyoncé muncul di iTunes Music Store pada 13 Desember 2013. Tak hanya itu, para penggemar juga dimanjakan dengan visual kualitas bioskop untuk setiap lagunya.

 

5. Ilusi warna di album Led Zeppelin

Sekilas, album In Though the Out Door terlihat biasa-biasa saja. Namun, jika terkena air, inner sleeve hitam putih dari album band rock ini bisa berubah menjadi penuh warna loh!

 

6. Photocard sebagai bonus

Fenomena photocard dalam album K-pop bermula dari album Oh! milik Girl’s Generation, yang dirilis pada tahun 2010.

Karena setiap album biasanya hanya memberikan satu random photocard, fans pun membeli banyak album untuk mendapatkan foto eksklusif anggota favoritnya.

 

Unik-unik kan cara para artis ini? Nah, ada berbagai cara bagi penggemar untuk mendengarkan rilisan musik terbaru, dari memutar vinyl, CD hingga streaming online. Kalau kamu, tim klasik atau digital nih?

 

Untuk kamu yang menikmati teknologi terkini, kamu juga bisa rasakan kemudahan akses digital saat membeli asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal yang berbasis syariah dan lengkap dengan nilai manfaat hingga Rp100 juta/tahun.

 

Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan. Selengkapnya di: https://www.fwd.co.id/products/health/bebas-handal/



Sumber :

https://www.rollingstone.com/music/music-lists/15-innovative-album-releases-that-shook-the-music-industry-162516/

https://www.rollingstone.com/music/music-lists/15-innovative-album-releases-that-shook-the-music-industry-162516/

https://www.mirror.co.uk/3am/celebrity-news/prince-give-new-album-20ten-232881

https://www.rollingstone.com/music/music-lists/15-innovative-album-releases-that-shook-the-music-industry-162516/wu-tang-clan-2014-38981/

https://rockandrollglobe.com/hard-rock/unmarked-exit-led-zeppelins-in-through-the-out-door-at-40/

https://www.rappler.com/life-and-style/arts-culture/things-to-know-k-pop-photo-cards-papels-guide/