ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Pikirkan konsep

Walau bermula dari bisnis rumahan, kamu perlu tentukan ke mana arah bisnismu.

Misalkan, apakah kamu berencana untuk menjual produk, membuka kelas untuk berbagi keahlian, atau bekerja sebagai konsultan.

 

2. Lakukan riset

Sebelum terjun ke bisnis, riset pasar juga perlu dilakukan. Cari tahu apakah ada pasar untuk produk atau layanan yang ingin kamu jual.

Bandingkan juga dengan kompetitor yang ada. Selain itu, hitung juga biaya-biaya yang perlu kamu keluarkan, serta harga pasaran untuk produk atau layanan serupa.

Dengan melakukan analisis ini, kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai posisi brand kamu di industri.

 

3. Bangun brand

Tak hanya nama bisnis dan logo, kamu juga perlu tentukan seperti apa kepribadian dari brand kamu.  

Personality ini akan membantu kamu untuk menemukan gaya berkomunikasi di website, iklan, dan media sosial.

 

4. Temukan audiensmu

Di zaman digital ini, kamu bisa tingkatkan eksistensimu secara online dengan fitur iklan di media sosial dan e-commerce.

Buatlah konten video yang menarik, dari tips bisnis, bagaimana kamu memulai usaha, hingga kisah-kisah unik saat berjualan.

 

5. Perhatikan keuanganmu

Hindari menggunakan akun bank pribadi untuk keperluan bisnismu. Buatlah akun bank terpisah agar uang tidak tercampur dan tak sengaja terpakai.

Lakukan juga pembukuan agar kamu bisa mengetahui profit, menganalisis pendapatan dan pengeluaran, dan menentukan strategi berikutnya.

 

6. Uji idemu

Setelah kamu melakukan riset, menentukan model bisnis, dan mempersiapkan produk atau layanan, kamu bisa mulai lakukan penjualan.

Untuk menarik perhatian calon pelanggan, kamu bisa siapkan edisi khusus launching dengan promo-promo menarik!

 

Sebelum memulai, pastikan kamu telah menimbang-nimbang plus minus-nya ya! Hobi yang awalnya dikerjakan tanpa beban bisa jadi tekanan, ketika sudah berhubungan dengan keuangan dan ekspektasi pelanggan.

Kalau kamu sudah siap dengan risikonya, mengeksplor hobi menjadi bisnis bisa jadi keseruan tersendiri yang berpotensi menghasilkan keuntungan.

Kamu juga bisa lebih tenang mengejar passion dengan cara mengurangi risiko keuangan akibat sakit, kecelakaan, atau meninggal dunia bersama FWD LooP, asuransi lengkap dengan manfaat meninggal, kecelakaan, penyakit kritis, rawat inap hingga investasi.

 

Preminya mulai dari Rp250 ribu/bulan. 100% premi kamu akan dikelola sejak tahun pertama untuk perkembangan dana investasi yang optimal. Cari tahu lebih lanjut di https://www.fwd.co.id/products/investments/loop/.



Sumber : 

https://www.simplybusiness.co.uk/knowledge/articles/2017/09/how-to-turn-a-hobby-into-a-business/

https://www.simplybusiness.co.uk/knowledge/articles/2017/09/how-to-turn-a-hobby-into-a-business/

https://www.legalzoom.com/articles/10-tips-to-turn-your-hobby-into-a-business

https://www.inc.com/sujan-patel/8-ways-to-turn-your-hobbies-into-six-figure-incomes.html

https://www.legalzoom.com/articles/10-tips-to-turn-your-hobby-into-a-business

https://articles.bplans.com/how-to-turn-your-hobby-into-a-business/