ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Cari tahu

Kalau kamu bingung untuk memulai dari mana, coba deh mulai refleksikan dari pekerjaanmu.

Misalkan, kamu mengalami kesulitan di bidang public speaking atau berbahasa Inggris. Tugasmu berikutnya adalah mencari webinar atau kursus yang bisa membantu kekuranganmu.

 

2. Bergabung di kursus online

Untuk kamu yang ingin belajar secara individu, platform online, seperti Masterclass, Skillshare, Udemy, atau Coursera menyediakan kelas untuk beragam kemampuan. 

Kalau kamu lebih suka belajar kelompok, kamu bisa mencoba webinar atau bootcamp ya!  Keuntungannya, setiap individu bisa lebih terpacu untuk mengejar gol, sambil berkembang bersama-sama. 

 

3. Membuat blog

Mencatat bisa jadi cara yang efektif untuk mengingat materi pelajaran. Poin plus dari mencatat di blog publik adalah kamu bisa sekaligus membangun personal branding-mu.

Alternatifnya, kamu juga bisa membagikan catatanmu di media sosial ya. Siapa tahu ini adalah langkah awalmu menjadi mentor di dunia digital?

 

4. Praktik, praktik, praktik

Tak sebatas memahami materi dan konsep, mengimplementasikan ilmu yang dipelajari jugalah sangat penting.

Kumpulkanlah hasil karya terbaikmu untuk dijadikan portofolio. Proyek-proyekmu ini bisa menjadi bekal untuk pekerjaan sampingan atau bisnismu di kemudian hari.

 

5. Manfaatkan benefit perusahaan

Jika tersedia, kamu juga bisa mengikuti training atau pelatihan yang disponsori oleh perusahaan. Hasil pembelajaranmu bisa langsung kamu praktikkan di dunia kerja.

 

6. Membagi fokus 

Agar kamu tidak kewalahan, kamu bisa menetapkan fokusmu pada gol-gol kecil. Sebagai contoh, gol utama kamu adalah berbahasa Mandarin dengan baik.

Bagilah gol tersebut menjadi beberapa gol kecil, seperti menghafal 30 kosakata baru, membuat 20 kalimat, atau melatih cara baca.

 

7. Nikmati proses

Saat mempelajari sesuatu, jangan takut untuk membuat kesalahan ya. Tetap berlatih dengan konsisten dan selingi dengan istirahat.

 

Dengan skill barumu nanti, siap-siap untuk menjemput kesempatan baru di masa depan! Nah, selain dengan mencoba hal-hal baru, kamu juga bisa mempersiapkan masa depan dan mengantisipasi risikonya dengan asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal.

 

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya pun terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!



Sumber :

https://www.entrepreneur.com/article/374217

https://www.businessnewsdaily.com/9256-career-boost-learning.html

https://www.developgoodhabits.com/new-skills-to-learn/

https://www.entrepreneur.com/article/374217

https://www.entrepreneur.com/article/374217

https://www.entrepreneur.com/article/374217

https://www.businessnewsdaily.com/9256-career-boost-learning.html

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/learn-new-skills

https://zapier.com/blog/learning-new-skills/