ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Apa Itu Obligasi?

Secara sederhana, obligasi berarti surat pengakuan utang. Pihak berutang, seperti perusahaan atau pemerintah, akan menerbitkan obligasi untuk pihak yang meminjamkan. Penerbitan obligasi ini juga disertai janji untuk membayar pokok utang bersama dengan kupon bunganya.

Instrumen investasi ini bisa dipilih investor di pasar modal dengan nominal dan waktu jatuh tempo tertentu. Surat utang jangka panjang ini juga bisa diperjualbelikan di pasar sekunder.

 

Apa Saja Jenis-Jenis Obligasi?

1. Obligasi Pemerintah

Surat utang ini diterbitkan oleh Pemerintah RI dalam tiga jenis: kupon tetap (seri FR - fixed rate), kupon variable (seri VR - variable rate), dan sukuk negara (obligasi dengan prinsip syariah).

 

2. Obligasi Korporasi

Surat utang ini diterbitkan oleh korporasi Indonesia, seperti BUMN ataupun korporasi lainnya. Obligasi korporasi juga terdiri dari kupon tetap, kupon variabel, dan obligasi dengan prinsip syariah.

 

3. Obligasi Ritel

Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah ini dijual kepada individu atau perseorangan melalui agen penjual yang ditunjuk oleh pemerintah. Terdapat dua jenis obligasi yang bisa kamu beli, yaitu ORI atau Sukuk Ritel.

 

Apa Bedanya dengan Saham?

Dalam investasi saham, harganya sendiri bisa dipengaruhi oleh inflasi, gejolak ekonomi, hingga perubahan kondisi politik. Risiko investasi ini terbilang cukup besar.

Berbeda dengan saham, obligasi tidak terlalu terpengaruh oleh kondisi tersebut. Investor akan tetap memperoleh keuntungan sesuai dengan kupon bunga yang dijanjikan. Risikonya sendiri bisa disebut kecil.

 

Jadi, Beli Obligasi Apa?

Obligasi pemerintah dinilai lebih aman, karena mekanisme surat utang negara sendiri sudah tercantum dalam UU Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara, dan UU Nomor 24 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara. 

Jika memilih obligasi korporasi, perhatikan peringkatnya, ya! Peringkat ini menunjukkan risiko kegagalan saat membayar bunga atau pokok utang. Peringkat AAA punya risiko paling rendah, diikuti dengan AA, A, BBB hingga D yang menandakan obligasi tersebut gagal bayar. 

 

Yuk, Jaga Keamanan Finansial hingga Hari Depan!

Selain dengan investasi obligasi, kamu pun bisa, lho, menjaga keamanan finansial untuk masa pensiun dengan memiliki asuransi jiwa FWD Whole Life Protection.

 

Pada usia ke-75, kamu akan mendapatkan Manfaat Hidup sebesar 50% Uang Pertanggungan untuk wujudkan masa tua impian. Sisa 50%-nya akan diberikan jika terjadi risiko terminal illness atau meninggal dunia.   

 

Ada diskon premi hingga 25% untuk plan regular dan special rate untuk plan jumbo, khusus untuk kamu yang memilih Uang Pertanggungan yang lebih tinggi. Cek selengkapnya di sini!