ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Musik Lo-FI alias musik dengan low fidellity merupakan alternatif musik dengan karakteristik khas yaitu kualitas suara rendah dengan sedikit noise yang justru memperindah. Musik ini sejatinya sudah ada sejak tahun 1950-an dengan ciri khas kualitas suara tidak halus dan adanya noise. Kurang lebih hasilnya sama seperti suara yang kita dengarkan saat kita sedang menelepon. Layaknya tren pakaian yang berputar, musik Lo-Fi juga terangkat karena faktor bosan dari penikmat musik akan tren yang itu-itu saja.

 

Musik Lo-Fi diminati oleh masyarakat

 

 

miro.medium.com

 

Laku mengapa musik dengan 'kualitas rendah' ini justru diminati? Musik Lo-Fi seperti ini memiliki pembawaan yang relatif tenang, tidak seperti musik modern sekarang ini yang selalu khas dengan tempo cepat. Apalagi sekarang ini banyak bermunculan genre musik elektronik atau EDM yang lekat dengan tempo super cepat. Kalau niatnya untuk menambah semangat memang EDM adalah backsound yang cocok, tapi untuk tujuan tertentu seperti membantu relaksasi, backsound saat belajar, maupun lagu pengantar tidur, musik Lo-Fi adalah jawabannya.

 

Musik ini sudah banyak digemari penikmat music, kemudian cukup terbantu dengan adanya platform YouTube - yang semakin menanjakkan popularitas musik Lo-Fi. Kalau kamu mau mendengarkan lagu-lagu ini, kamu tinggal menggunakan keyword 'Musik Lo-Fi' dan akan bisa kamu lihat sederet channel yang menyuguhkan musik serupa. ChilledCow dikenal sebagai channel YouTube yang andal memberikan suguhan musik Lo-Fi live sejak Agustus 2018 silam. Yap! Musik Lo-Fi dari channel ini tidak pernah off. Kalau didengarkan, tidak ada lirik lagu di dalamnya. Bahkan beberapa kali justru terdengar suara percakapan lirih yang menambah variasi musik ini. Keuntungan dari mendengarkan channel secara live seperti ini adalah kamu tidak perlu harus terintervensi dengan iklan. Sounds great?

 

Apakah musik Lo-Fi murni seperti karya-karya yang ditampilkan channel ChilledCow? Kurang lebih bisa dikatakan seperti itu. Namun ada pendapat lain yang menyatakan bahwa aliran musik satu ini fokus pada ciri khas kualitas rekaman yang rendah dengan sedikit noise. Jelas berbeda dengan musik-musik modern saat ini yang disajikan dari hasil olahan aplikasi. Selain itu, dalam musik Lo-Fi tidak fokus pada lirik lagu yang mengisi musik dari awal hingga akhir. Jika ada pelafalan ucapan di dalam musik Lo-Fi, kebanyakan dari hal itu adalah sebuah percakapan singkat supaya pendengarnya tidak bosan. Beberapa contoh musik Lo-Fi selain seperti yang banyak diunggah melalui YouTube adalah suara gemercik air, suara kondisi hutan hujan dengan sedikit suara kicauan burung, dan lain-lain.

 

Keunggulan musik Lo-Fi

 

thesciencesurvey.com

 

Seperti yang sudah dikatakan tadi, musik Lo-Fi punya keunggulan sebagai musik pengiring relaksasi maupun belajar. Mengapa bisa demikian? Penjelasan paling mudah dipahami adalah karena temponya yang pelan membuat pendengarnya menjadi relatif kalem dan tenang. Pada proses normal, hal ini akan membantu otak menjadi lebih fokus pada hal yang dikerjakan. Aktivitas relaksasi maupun belajar sejatinya membutuhkan kondisi pikiran yang fokus. Jadi, tidak heran kalau musik Lo-Fi menjadi pilihan pendengarnya yang membutuhkan kondisi siaga.

 

Lalu ada pernyataan, “Tapi aku bisa kok fokus dengan musik favoritku yang bukan musik Lo-Fi!”. Kondisi seperti ini mungkin hanya berlaku pada beberapa orang. Sama halnya dengan ada orang yang bisa berkonsentrasi dengan musik, ada juga yang kesulitan berkonsentrasi karena sangat terganggu dengan noise sekalipun terhitung sangat sedikit. Bukan berarti musik modern tidak cocok sebagai pengantar, hanya saja karakteristiknya yang lekat dengan tempo cepat membuat musik modern lebih bersifat membangkitkan semangat dan emosi positif untuk menggerakkan tubuh. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa untuk kondisi normal, musik modern cenderung hanya bisa membuat orang fokus pada yang dikerjakan dalam beberapa menit awal. Sisanya mereka akan terganggu karena pendengar justru akan menikmati musik dibandingkan menyelesaikan pekerjaan mereka.

 

Mengapa musik Lo-Fi menjadi pilihan?

 

i1.wp.com

 

Musik Lo-Fi merupakan pilihan baru yang fresh. Sebelumnya, musik bertempo pelan identik dengan musik-musik klasik. Kurang lebih keduanya punya pengaruh yang sama: membuat pendengarnya menjadi lebih tenang dan kalem. Tapi, tidak semua orang dapat menerima musik klasik. Beberapa karya musik klasik sejatinya juga tidak lepas dari tempo yang relatif cepat sehingga klasifikasi musik ini tidak sepenuhnya bisa dijadikan alternatif backsound untuk musik belajar dan musik relaksasi andalan. Nah, pada akhirnya ini akan kembali pada selera dan penerimaan setiap orang.

 

Dikarenakan tren musik Lo-Fi yang sedang hits, banyak musisi online yang akhirnya membuat lagu-lagu pop dalam musik modern diubah menjadi versi Lo-Fi. Baik itu lagu lokal maupun internasional, sudah banyak dibuat dalam versi Lo-Fi. Kamu bisa menemukannya di platform YouTube. Untuk lagu berbahasa Indonesia sendiri biasanya akan disertai dengan kata kunci 'Lo-Fi Hip-Hop Indonesia'. Kalau susah, kamu tinggal menyertakan kata kunci 'Lo-Fi version' dan akan muncul sederet opsi musik modern yang dibuat dalam versi Lo-Fi.

 

Sudah tercerahkan dengan informasi baru tentang musik Lo-Fi? Kalau kamu berminat mendengarkan karya-karya Lo-Fi ini sudah ada banyak di platform YouTube dari channel yang bervariasi. Beberapa rekomendasi channel musik Lo-Fi yang jadi andalan orang selain ChilledCow adalah Nujabes (Spiritual State), Samurai Champloo (Shiki No Uta), 420 Everyday (Stay See), Joji (Yeah Right), dan Lungfull (Color Garden). Selera sih memang bermacam-macam. Kalau kamu ada referensi channel Lo-Fi lainnya yang nggak kalah mantep untuk jadi pengiring belajar maupun tidur, boleh komen di bawah dan saling tukar informasi ya!