ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Evaluasi tujuan keuangan

Langkah pertama adalah mengecek kemajuan gol finansialmu, misalkan apakah uang muka rumah sudah terkumpul sesuai rencana, atau jika belum, tuliskan apa yang menjadi penyebabnya.

 

2. Periksa checklist kesehatan finansial

Keuanganmu bisa dikategorikan sehat, jika pengeluaranmu masih dalam budget, skor kredit membaik, memiliki dana darurat yang cukup, punya net worth yang positif, utang berkurang, dan punya asuransi sesuai kebutuhan.

 

3. Buat strategi

Catat juga ya, kalau kamu ingin mengubah rencana keuanganmu, seperti membesarkan pos dana darurat atau mengurangi kebutuhan konsumtif.

Tentukan langkah yang perlu dilakukan setiap bulannya untuk mencapai gol tersebut, misalkan memiliki side job dan mengurangi langganan streaming yang jarang dipakai.

 

4. Evaluasi rencana masa depan

Tak hanya mengecek uang yang sudah keluar, kamu juga perlu mengantisipasi perubahan budgeting di tahun depan akibat pekerjaan baru, perceraian, kelahiran bayi, pensiun, membeli rumah, menikah, atau pindah rumah.

Agar proses transisi lancar, buatlah budgeting baru untuk mengatur ulang pengeluaran, tabungan, dan investasimu.  

 

5. Update rencana pensiun

Umumnya, semakin dekat kamu dengan usia pensiun, semakin kecil risiko yang harus diambil dalam investasimu. Sesuaikan kembali opsi investasimu seiring berjalannya waktu ya!

 

6. Persiapkan masa depan keluarga

Tidak ada kata-kata “terlalu cepat” untuk mempersiapkan warisan keluarga. Mulailah dari mengatur dokumen pembagian harta, seperti surat wasiat. Jika kamu meninggal dunia, asetmu akan terbagi dengan jelas.

 

7. Miliki asuransi

Salah satu langkah mempersiapkan warisan adalah memiliki asuransi jiwa dengan uang pertanggungan yang cukup untuk kebutuhan keluarga.

FWD Asuransi Jiwa dan Penyakit Kritis Plus siap menjaga dari risiko meninggal dunia dan penyakit kritis, seperti serangan jantung, stroke, dan kanker. Kamu pun bisa klaim penyakit infeksi, seperti demam berdarah, malaria, dan demam tifoid untuk keluarga.

Jika sehat sampai akhir masa asuransi, premi kembali hingga 110%. Tanpa pemeriksaan kesehatan, kamu bisa miliki perlindungan ini secara online di sini.

 

Sebelum tutup tahun, yuk, lakukan financial checkup demi kenyamanan dan kestabilan finansial hari depan!